Bupati AFU Harap Transfer Dana Otsus Bisa Segera Masuk Kas Daerah

WAISAI, gardapapua.com — Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengharapkan kepada pemerintah pusat, melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani agar dapat mentransfer dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2020 untuk Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Sebab jika dana tersebut sudah ditransfer, dan masuk kas daerah setiap kabupaten/kota di papua barat, maka sangat membantu kebutuhan ekonomi dan sosial masyarakat akibat karantina wilayah sejak dampak dari pandemi virus corona baru (Covid-19).

Bupati AFU menjelaskan, bahwa berkaitan dengan dana otsus hampir semua provinsi dan daerah kabupaten/kota di tanah papua mengalami kendala yang sama, hingga saat ini pada kas daerah masih belum terdapat penerimaan.

” Kita juga sangat sayangkan karena pendanaan otsus kami juga yang sering terpotong anggarannya, sampai saat ini juga terlambat masuk. Karena inilah yang membuat kendala kita sampai belum bisa menfosirkan anggaran untuk mendukung pembiayaan penanganan covid ini,”Ucap Bupati AFU

Bupati AFU berharap, agar dalam waktu yang tidak lama sejumlah pendanaan seperti DBH, DAK, DAU selain Dana Otsus dapat segera masuk ke kas daerah.

” Kita berharap kedepan dalam waktu yang tidak lama ini secepatnya dana transfer otsus, DBH, DAK dan juga mungkin DAU bisa ditransferkan ke Kas Daerah setiap kabupaten kota agar kami bisa bersama memperuntukan untuk Covid-19 ini, karena maayarakat membutuhkan,”Paparnya

Dia lalu menegaskan, bahwa pemerintah daerah kabupaten raja ampat tetap fokus untuk bagaimana dapat memberikan stabilitas kenyamanan masyarakat yang ada di kabupaten raja ampat tetap harus diutamakan.

“Terutama atas asas kemanusiaan ini yang harus kita utamakan, karena pada prinsipnya kami pemerintah daerah tetap komitmen,”Cetusnya.

” Dan saya harap bukan saja ini sekedar wacana namun baiknya diwujudkan dalam sebuah tindakan, sehingga kami harap pemerintah pusat memperhatikan hal ini, agar kami didaerah juga bisa komitmen melanjutkan instruksi arahan dari pemerintah pusat itu dengan baik dan tentunya tetap mengutamakan kesejahteraan masyarakat,”Tandasnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *