Sinergitas Bersama Jaksa Menyapa Lingkungan, Pasar Wosi Jadi “ Target “

MANOKWARI, gardapapua.com — Turut terlibat dalam hal penataan lingkungan yang bersih juga menjadi perhatian para para penegak hukum, salah satunya para Jaksa, Pasar wosi jumat pagi nampak menjadi target pelaksanaan aksi bersih bersih lingkungan.

Hal ini tentu sesuai motto yang saat ini digaungkan Korps Adhyaksa untuk mendekatkan diri pada masyarakat dan lingkungan adalah “Jaksa Menyapa, Jaksa Masuk Desa, Jaksa Masuk Sekolah dan Jaksa Menyapa Lingkungan”.

Wakajati Papua Barat, Leonard Eben Ezer Simanjuntak Jumat, (13/3/2020) mengatakan, bahwa melalui program kegiatan aksi bersih – bersih ini, diharapkan masyarakat dapat semakin mengenal kehadiran kejaksaan. Dimana saat ini, khususnya di Papua Barat, telah turut ditunjang dengan kehadiran Kejaksaan tinggi papua barat.

Dirinya kesempatan itu mengajak puluhan jaksa dan para staf, untuk membersihkan sampah yang berada di sekitar pasar wosi manokwari.

“Harapan kami adalah, melalui kegiatan seperti ini keharmonisan kita adhyaksa bersama masyarakat semakin terbangun. Dimana selain penegakan hukum adalah bagaimana dapat bersama mensejahterakan dan mengangkat masyarakat di papua barat, dan melalui kegiatan jaksa bersih – bersih ini kita dapat bersama mengedukasi masyarakat menjaga lingkungan,”Ujar Wakajati Papua Barat, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, di Pasar Wosi saat melakukan kegiatan aksi bersih – bersih tersebut.

Menurutnya, Efek dari sampah itu luar biasa. Sehingga, perlu digelorakan pencegahan. Karena paradigma pencegahan untuk tidak mengotori lingkungan sangat penting.

“Makanya kita mulai dari sendiri. Bersihkan dulu lingkungan kita, maka alhasil akan memberi aura positif untuk lingkungan lainnya,”Paparnya

Dari aksi kegiatan itu dia lalu mengingatkan dan mengajak elemen masyarakat lain betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

” Karena tidak mungkin kita mau bersama sehat kalau lingkungan kita kotor. Ingat kita lebih baik mencegah, agar bersama terhindar dari segala bentuk persoalan penyakit seperti DBD, Malaria dan sebagainya. Mari kita jaga kota kita manokwari tetap bersih dan asri,”Cetusnya

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manokwari, Togging Banjar Nahor, SH, MAP, mengatakan bahwa apa yang dilakukan pihaknya tak lain untuk mengingatkan masyarakat lebih melakukan upaya pencegahan bersama dalam hal menjaga lingkungan yang bersih.

” Contoh saja, kalau got atau saluran air ini tertutup sampah, bagaimana tidak banjir? Sehingga disinilah peran kita semua pihak untuk saling peduli dan mengedukasi,”Tandasnya.

Sesuai pantauan gardapapua.com, kegiatan aksi jaksa menyapa lingkungan tersebut turut terlibat serta beberapa organisasi dan LSM di Papua Barat, salah satunya Komunitas Pecinta Polri (KPP). [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *