Dinas Ketahanan Pangan Sorsel Gelar Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal

TEMINABUAN, gardapapua.com — Mendorong peningkatan pengelolaan bahan makanan berbasis lokal atau daerah, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan menggelar Lomba Cipta Menu, bertajuk Beragam,Bergizi, Seimbang, Dan Aman ( B2SA) berbasis pangan Local Tingkat kabupaten Sorong Selatan, pada 2/11/2019 bertempat di Aula P3W Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.

Hadir dalam acara ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, M A.P, Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Sorong Selatan Leonard Momot, SE, M A.P,Ketua TP PKK Kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE, Perwakilan Dharma Wanita Kabupaten Sorong Selatan, Perwakilan GOW Kabupaten Sorong Selatan, sejumlah 7 kelompok peserta dari sejumlah distrik di Teminabuan serta para undangan lainnya.

Kepala Seksi Pengembangan Pangan Lokal Hesti Pattipellohy,S.P, kesempatan itu Selaku Ketua Panitia Dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA, juga meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA, dan mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber pangan lokal.

Ditambahkanya, bahwa kegiatan ini pun dilaksanakan dengan maksud agar setiap individu khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan menu keluarga dapat menciptakan menu keluarga yang memiliki citarasa tinggi, bergizi dan mempunyai nilai daya jual.

Sementara itu Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE ,M.A.P, dalam sambutan arahannya mengatakan, bahwa makanan lokal yang di miliki di sekitar kita sangat baik untuk kesehatan karena memiliki nilai gizi yang tinggi, dan menjadi tugas pemerintah adalah memberikan informasi kepada warga masyarakat agar dapat mengelolah makanan berbahan dasar lokal.

” Melalui pelaksanaaan lomba cipta menu ini dilaksanakan agar dapat membangkitkan minat dari para ibu untuk mengelolah bahan pangan local menjadi menu local yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan bermanfaat yaitu dengan memadukan berbagai bahan pangan local yang ada sehingga dapat memenuhi gizi bagi keluarga keluarga dikabupaten Sorong Selatan,”Harap Bupati.

Dalam Kegiatan ini menghadirkan 2 orang Juri Profesional diantaranya Yakobus Latuhihin Chef dari Meridien Hotel Kota Sorong,serta Ahli Gizi dari RSUD Scholo Keyen Sorong Selatan Sofia Adisty.

Adapun hasil kegiatan perlombaan ini, menempati peringkat pertama dalam lomba ini adalah tim kelompok Mitra Tani Kampung Wermith Distrik Teminabuan memperoleh piala, uang pembinaan, dan sertifikat di peringkat kedua diraih oleh Kelompok Namba Kampung B Distrik Teminabuan memperoleh piala, uang pembinaan dan serta sertifikat. Sementara, menempati peringkat ketiga dari Kelompok Kampung Persiapan Anfata Distrik Kokoda mendapatkan piala, uang pembinaan, dan juga sertifikat. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *