DaerahGarda Sorong Selatan

Toma Tehit Minta Percepatan Pembangunan di Teminabuan – Sorsel

TEMINABUAN,gardapapua.com — Tokoh Masyarakat (Toma,red) Tanah Tehit Dance Yulian Flassy,SE.,M.Si yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Sorong Selatan minta Bapak Presiden RI Haji Ir. Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden K.H. Maruf Amin, agar memberikan perhatian khusus untuk melakukan Percepatan Pembangunan di Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan.

Penyataan ini disampaikan Dance Yulian Flassy,SE,M.Si via telpon selularnya sehubungan dengan penyerahan Buku Heroisme Pasukan Gerak Tjepat (PGT) Dalam Operasi Serigala Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Teminabuan.Hal itu dirangkaikan dalam upacara Hari Pahlawan pada 11/11/2019, kemarin.

Dirinya mengatakan bahwa NKRI wajib membangun Teminabuan sebab dalam sejarah Perebutan Irian Barat Kota Teminabuan adalah tempat Merah Putih Pertama Berkibar di Irian Barat pada tanggal 19 Mei 1962 yang dilakukan oleh Pasukan (PGT ) Pasukan Gerak Tjepat.

“Saat itu dan ini artinya di kampung Wersar Kota Teminabuan merupakan tempat Bendera Merah Putih Pertama berkibar atau di tancapkan di Tanah Papua,” ungkapnya.

Ditambahkanya bahwa Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo hendaknya memperhatikan hal ini dan perlunya perhatian khusus bagi pemerintah khusus untuk membangun wilayah ini karena dari sinilah NKRI pertama diterimah oleh Orang Papua sekaligus mengusir Penjajah Belanda di Negeri ini.

Untuk itu, sehubungan dengan penandatanganan MoU yang telah disepakati antar pemkab Sorang Selatan dan KASAU yang berlangsung di Kota Teminabuan pada tanggal 16 Februari 2019 lalu.Kami harapkan kesepakan bersama (MoU) antara TNI Angkatan Udara bersama Pemda Kabupaten Sorong Selatan, Dengan Nomor : 313/98/BSS/2019 dan Nomor 3/11/2019 yang ditanda tangani oleh Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM selaku Kepala Staf Angkatan Udara dan pihak Pemda Kabupaten Sorong Selatan dengan beberapa point diantaranya adalah Program Percepatan pembangunan berbagai Fasilitas yang bernilai sejarah Kedirgantaraan meliputi : Kabupaten Sorong Selatan menjadi Kabupaten Binaan TNI AU diantaranya Pembangunan Infrastruktur bersejarah ( Pembangunan Monumen Merah Putih, dan Museum Perjuangan Trikora), Afirmasi Generasi Muda Sorong Selatan pada TNI AU, Peringatan Tahunan HUT Trikora “ 19 Mei,Pengaktifan kembali bekas landasan terbang Belanda di kampung Bariat dan Manelek Distrik Konda serta perggantian nama Kabupaten Sorong Selatan menjadi Kabupaten Trikora atau Kabupaten Teminabuan.

Dengan demikian menurutnya pada point pertama tentang percepatan pembangunan berbagai Fasilitas yang bernilai sejarah kedirgantaraan kami meminta perhatian khusus Presiden RI Ir H Joko Widodo untuk serius menangani hal ini dengan berbagai program pusat untuk mempercepat pembangunan diberbagai bidang dan secara khusus di bidang kedirgantaraan dan bisa di bangun bbrapa prasarana pertahanan dan keamanan di wilayah ini.

“Sebab sejak awal Tentara Belanda telah memilih Teminabuan menjadi pangkalan startegis perang melawan Indonesia saat itu,”Tukasnya. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *