Bupati Sorsel Ingatkan Jajaran Kampung Kelola Dandes Secara Baik

TEMINABUAN, gardapapua.com — Meningkatnya jumlah Dana Desa (Dandes) atau dana kampung yang dikucurkan oleh Pemerintah, diharapkan dapat dipergunakan secara baik.

Demikian diharapkan Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, S.E, saat menghimbau kepala kampung bersama aparatnya, supaya benar-benar mengelola dana kampung secara baik demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Samsudin Anggiluli,SE saat menyerahkan dana kampung secara simbolis kepada Kepala kampung Bubuko Distrik Kokoda Utara, Senin (08/07) kemarin, bertempat di Aula Distrik Teminabuan, dalam rangka acara pencairan Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran (T.A) 2019.

Dirinya berharap agar anggaran dana kampung yang digelontorkan yang begitu besar dan terus mengalami kenaikan ini, kiranya dapat berdampak bagi peningkatan pembangunan di tingkat kampung.

” Usai menerima dana des atau kampung ini, agar bagi kepala kampung bersama aparatnya serta warga penerima dampak dana ini harus bisa bersinergi, buat perencanaan yang baik agar sasaran penggunaan dan ini dapat maksimal,”Ungkap Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, S.E.

Lanjut dia menyampaikan, bahwa pemerintah pusat dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, sejak tahun 2015 lalu sudah menggulirkan anggaran yang begitu besar bagi seluruh kampung di Indonesia.

Secara nasional anggaran dana kampung di tahun 2015 sebesar Rp. 40 triliun, tahun 2016 sebesar Rp. 60 triliun, tahun 2017 sebesar Rp. 60 triliun, tahun 2018 sebesar Rp. 70 triliun dan tahun 2019 sebesar Rp. 73 triliun.

Sementara khusus Dana Kampung di Kabupaten Sorsel, lanjutnya, tahun 2015 sebesar Rp. 75 miliar, tahun 2016 sebesar Rp. 90 miliar, tahun 2017 sebesar Rp. 95 miliar, tahun 2018 sebesar Rp. 100 miliar dan tahun 2019 sebesar Rp. 115 miliar.

“Bapak-ibu kepala kampung sudah mengelolah dana kampung selama 4 tahun. Jadi kalau tidak ada perubahan peningkatan pembangunan di kampung, maka perlu dipertanyaan kinerja bapak-ibu. Saya harap kita harus benar-benar melayani dengan hati, sehingga benar-benar ada peningkatan pembangunan di kampung,”Tegasnya mengingatkan.

Senada, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sorsel Yohan Bodori, S.Sos dalam kesempatan itu, turut melaporkan, seharusnya pencairan Dana Kampung 2019 Tahap I terlaksana di bulan April lalu. Namun karena satu dan lain hal, maka baru diserahkan di awal bulan Juli ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs. Martinus Salamuk, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Yohan Bodori, S.Sos, Kabag. Pemerintahan Kampung dan Kelurahan Setda Sorsel Robi Tinopi, SH, Pimpinan BRI Unit Teminabuan, sejumlah kepala distrik dan kepala kampung se-Kabupaten Sorsel. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *