Indonesia Kuat Punya Pancasila, Begini Cara Pemkab Sorsel Peringati

TEMINABUAN, gardapapua.com — Pancasila sebagai dasar dan Ideologi negara menjadikan pandangan hidup bangsa indonesia tak terpisahkan dan kuat.

Hal inilah yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

Demikian bunyi amanah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia saat dibacakan oleh Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, dalam rangkaian Upacara Hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 bertempat di lapangan Apel Kantor Bupati Sorong Selatan pagi tadi, sabtu, 1 Juni 2019.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, Komandan Upacara IPda Tabaga Agustinus,Perwira Upacara Agustinus Wamafma,S.Hut.

Turut hadir dalam upacara ini Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk,Kapolres Sarong Selatan AKBP Hans Rahmatulah Irawan,SIK,Perwira Penghubung Sorong Selatan Mayor Inf.Antoni us Sigala,Kepala Kementerian Agama Sarong Selatan Drs. D.M Syaranamual,MPd ,Ketua TP PKK Sarong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE,Ketua GOW Sarong Selatan Ny Dahlia Salamuk,Utusan DWP Sorsel,Pimpinan OPD serta Tamu Undangan lainya.

” Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai – nilai Pancasila, Kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila,”Sambung Bupati Samsudin Anggiluli,SE

Selanjutnya juga disampaikan, bahwa sebagai Negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis.

Maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan cultural di negara kesatuan indoensia ini harus dikelola dan dikembangkan secara bersama untuk membangun ” taman sari kebudayaan “ yang memungkinkan semua makluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat, di Indonesia untuk kita semua dan pancasila adalah rumah kita semua.

Untuk itu, diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerja sama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis.

” Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan.Kita Indonesia,Kita Pancasila Adalah Sososk yang percaya diri,Optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,”Bunyi penegasan aline selanjutnya diutarakan Bupati Sorsel.

Dikatakanya, bahwa melalui peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber Inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

” Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membagun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, Kita Indonesia, Kita Pancasila,”Bunyi Komitmen bersama

Sementara sesuai pantauan gardapapua.com upacara berlangsung hikmat dan lancar dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang di bawakan oleh Anggota Satpol PP Sarong Selatan, dan alam upacara ini juga di lantunkan lagu perjuangan Garuda Pancasila. [EB/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *