Manokwari, Warga Penyandang Disabilitas Akui C6 Belum Diterima

MANOKWARI, gardapapua.com — Beberapa warga penyandang disabilitas hingga hari pelaksanaan mengakui belum mendapatkan undangan pemberitahuan untuk memilih.

Padahal formulir pemberitahuan untuk memilih atau formulir C6 tersebut menegaskan atau menginformasikan nama, nomor TPS, dan alamat TPS pemilih yang bersangkutan.

Sebab, pada Pemilihan Umum serentak kali ini Rabu 17 april 2019, merupakan pesta drmokrasi pemiku yabg diakui sedikit berbeda dengan masa waktu pemilihan umum sebelumnya.

Dimana khususnya bagi Penyandang disabilitas, mempertanyakan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak lagi menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus untuk mereka.

” Besok sudah coblos, kami tidak tahu memilih dimana. Saya sendiri belum dapat undangani,” ujar Hofni selaku Ketua Netra Mandiri, kepada wartawan, Selasa (16/4/2019) siang.

Hofni menambahkan, Pemilu sebelumnya baik Legislatif, Pilkada dan Pilpres, mereka penyandanga disabilitas mendapat TPS khusus yang disiapkan dihalaman KPU Manokwari.

“Kalau sekarang kita dipisah, bagaimana kita mau memastikan hak pilih kita tersalur dengan baik.kami Bingung, kami tidak punya undangan di TPS untuk salurkan hak suara,”ungkapnya.

Menanggapi keluhan warga Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, apa yang dikeluhkan oleh penyandang disabilitas adalah adalah hal yang wajar.

Muin mencontohkan, kalau penyandang disabilitas disatukan di dapil satu, maka sudah tentu yang di dapil lainnya tidak dapat menilih calon atau caleg yang mereka inginkan.

Sisi lain, sesuai pantuan gardapapua.com, Rabu (17/4) di salah satu TPS, yakni pada TPS 1 Borarsi Anggrem, Kelurahan Padarni yang juga mempunyai seorang warga pemilih penyandang disabilitas, petugas KPPS setempat mengakui bahwa yang bersangkutan akan di tuntun dan di dampingi saksi dan petugas KPPS untuk menyalurkan suara Hak pilihnya. [KK/Ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *