Tokoh Pemuda Apresiasi KPUD Bintuni Ambil Sikap Cermati DPT Kaitaro

TELUK BINTUNI, Gardapapua.com – Salah satu Pemuda di Kabupaten Teluk Bintuni Ilham Refideso mengapresiasi kinerja KPU Teluk Bintuni yang telah merespon laporan warga terhadap pencocokan data pemilih tetap (DPT) Di Kampung Warganusa II, Distrik Kaitaro, Kabupaten Teluk Bintuni.

” Saya secara peribadi dan sebagai anak teluk mengapresiasi kinerja KPU teluk Bintuni cukup baik dan Sikap tadi menurut saya sudah tepat,”Ujar Ilham Refideso, di Kantoe KPU Teluk Bintuni, selasa (13/11/2018)

Ilham Refideso

Sebelumnya, Ketua DPD GSBI Yohanes Akwan mengharapkan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Teluk Bintuni perlu cermat menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Teluk Bintuni.

Pencermatan DPT atau daftar pemilih di Teluk Bintuni khususnya menyikapi banyak tenaga pekerja atau buruh dari luar daerah di perusahan HPH di salah satu distrik kaitaro kampung warganusa II terdapat sekitar 130 orang yang namanya di masukan sebagai pemilih. Selain itu terdapat sejumlah nama pemilih ganda di salah satu TPS lainnya.

” Melihat dinamika politik teluk Bintuni saat ini saya pikir sebagai anak muda teluk mari kita selalu memberikan pemahaman – pemahaman politik yang baik terhadap rakyat sehingga Output dari semua itu baik, dan jangan karena masalah kecil seperti ini kedepan nantinya saat moment pelaksanaan pesta demokrasi dapat tercederai,”Tukasnya.

Suasana pencocokan DPT di KPU Bintuni, senin (12/11)/Ft.iLm

Sementara Ketua KPUD Teluk Bintuni Herry Arius E Salamahu menuturkan, pencermatan kembali yang dilakukan pihaknya di kampung Warganusa II, bukan sekedar revisi, namun KPU tetap bekerja sesuai perundang udangan yang berlaku.

” Pengurangan yang kami lakukan telah berdasarkan perundang undangan yang berlaku yakni PKPU no 7 tahun 2017, selain itu yang berhak memilih harus di buktikan dengan eKTP,”Tegasnya

Dimana dari hasil pencermatan kembali itu melalui mekanisme pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap warga yang berhak dan tidak memilih dengan mendatangi rumah masing-masing warga, pihak perusahaan terkait hal itu dilakukan untuk memastikan identitas warga tersebut apakah memiliki hak pilih.

Dari hasil pencermatan dan di tetapkan jumlah DPT Kaitaro berjumlah 560 terdiri dari hasil pencermatan pemilih Laki laki dewasa sebanyak 280 jiwa dan pemilih Perempuan 287 jiwa, atas perbaikan data sebelumnya. Dimana tercatat jumlah sebelumnya adalah pemilih Laki-Laki sebanyak 445 dan Perempuan 318 atau berjumlah Total 763 pemilih. [iLm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *