Aspirasi RakyatChannel YoutubeDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratNasionalPolitikSudut Pandang

Lahir dari Rakyat, Simpatisan dan Koalisi 8 Kawal Pendaftaran Purwanto sebagai Cawabup di Partai Gerindra

Klik Tautan Video di Bawah Ini, Simak Selengkapnya :

 

MANOKWARI, gardapapua.com — Para relawan dan segenap tim ‘koalisi 8’ ikut serta dalam proses pengembalian berkas formulir pendaftaran bakal calon (balon) Wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Purwanto, S.H, M.Kn, di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), yang beralamat di Jl. Merapi, Fanindi, Manokwari, Papua Barat, pada Kamis (16/5/2024), siang.

Purwanto menjadi pendaftar pertama sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) di sekretariat DPC Partai Gerindra, Kabupaten Manokwari, sejak proses penjaringan dan pendaftaran bakal calon wakil bupati Kabupaten Manokwari Periode 2024 – 2029, dibuka resmi oleh tim desk pilkada partai gerindra.

Dari pantauan, dalam proses pengembalian formulir pendaftaran bacawabup Purwanto, sebelumnya sejumlah simpatisan sejak pukul 12.00 WIT, dan dipandu tim koalisi berkumpul di depan salah satu pangkalan ojek di Wilayah Sanggeng, Manokwari, kemudian berkonvoi menuju kantor DPC Partai Gerindra kabupaten Manokwari.

Kata Sekretaris Umum Koalisi 8 Papua Barat, Jemmy Morin, apa yang dilakukan pihaknya, semata – mata membuktikan bahwa calon wakil bupati (cawabup) yang diusung pihaknya, adalah benar – benar berdasarkan keputusan bersama, atas aspirasi dan harapan yang lahir dari rakyat, terkait wadah atau partai politik (parpol) bisa menghadirkan calon – calon pemimpin di pemerintahan daerah Manokwari untuk periode 2024 – 2029 yang nanti mampu melayani rakyat dengan baik.

Sejalan dengan itu, Dewan Pimpinan Cabang partai Gerindra Kabupaten Manokwari, Drs. Bernard Sefnat Boneftar, M.H, kepada sejumlah wartawan mengungkapkan apresianya kepada Partai PSI dan tim koalisi 8, dan seluruh simpatisan yang telah mendaftarkan langsung figur calon wakil bupati (Cawabup) Purwanto ke sekretariat tim penjaringan Partai Gerindra.

“Saya berterima kasih buat PSI dan teman – teman di koalisi 8, untuk mempercayakan kadernya maju atau mengikuti tahapan seleksi atau penjaringan, yang dibuka oleh Partai Gerindra di Kabupaten Manokwari. Karena ini sebuah persyaratan dan mekanisme yang kami beri ruang untuk semua kader – kader atau figur terbaik. Selain itu, inilah dinamika demokrasi yang kami berikan kepada Masyarakat, agar melihat langsung tanggapan dan respon baik dari lingkungan Masyarakat, Organisasi atau Partai Politik yang ingin menawarkan nama – nama bakal calon kandidat wakil bupatinya, kepada kami Partai Gerindra,”Ujar Bernard Sefnat Boneftar.

Dicercai tentang Bakal calon wakil bupati (Cawabup) yang bisa mendampinginya sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup), serta bersama membangun Manokwari, Boneftar menuturkan, bahwa soal usia tidak masalah asalkan mampu berkomunikasi dengan baik, sesuai pengetahuan akademisinya, dan berpengalaman dalam organisasi kemasyarakatan dan perpolitikan.

Tentu Indikator tersebut, seperti sebuah sinyal yang disampaikan Boneftar, dalam menentukan figur bacalon wakil bupati yang nantinya diusung oleh Partai Gerindra harus satu visi-misi dan program dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang juga selaku Presiden terpilih periode 2024-2029.

” Tentu dia harus berwarga negara indonesia. Lalu memenuhi persyaratan umum, yakni dari segi pemahaman akademis dikatakan cukup, kemudian siap secara mental dan emosional. Dan secara politik paham dan dapat bekerjasama san memahami menterjemahkan setiap kebijakan atau keputusan – keputusan secara bersama dengan baik,”Ucap Boneftar.

Meski masih misterius, namun dari gambaran mendasar yang disampaikan Boneftar, tentu mengisyaratkan bahwa cawabup yang mendampinginya harus dapat diterima dengan baik seluruh kalangan Masyarakat, karena hal ini berkaitan dengan proses pelayanan kepada rakyat yang adalah konstituen.

Menurut Boneftar, sesungguhnya kerjasama yang baik, antara Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah, akan menghasilkan output yang baik dalam memberikan pelayanan yang tepat kepada lapisan Masyarakat, jikalau masing – masing paham akan sebuah kepimpinan.

“Karena bagaimana mau melayani rakyat dengan cepat dan tepat, kalau sesama kita belum akur – akur dalam menata pemerintahan ??, Perlu diingat menjadi memimpin itu tidak mudah atau gampang. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan serius dan bijak. Sehingga butuh sebuah komitmen dalam membangun kebersamaan,”Papar Boneftar

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) Papua Barat, Donald Edison Baransano membeberkan, bahwa bukan tanpa alasan sosok Purwanto yang adalah kader dan selaku Ketua DPW PSI Papua Barat diusung sebagai Cawabup untuk maju dalam perhelatan Pilkada 2024 Manokwari.

Edison mengutarakan, bahwa Purwanto telah mendapatkan dukungan langsung dari ketua umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

“Di PSI sendiri nama Purwanto merupakan salah satu nama dari sekitar 40 nama atau kader yang tengah mendapat perhatian dari DPP Partai PSI untuk maju sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup). Untuk itulah menindaklanjuti instruksi dan koordinasi DPP PSI inilah yang membuat kami melaksanakan tahapan dan langkah – langkah proses pendaftaran dari tingkat Daerah. Pada intinya kami PSI siap. Dan ini juga sebagai komitmen PSI Manokwari yang mampu memiliki 1 kursi DPRD dalam Pemilu Pileg 2024,”Ucap Edison Baransano

Selain PSI, Edison juga menegaskan, bahwa sosok Purwanto juga telah mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik lainnya, secara khusus dalam tim koalisi 8.

“Koalisi 8 saat ini sangat solid dan siap mengawal Purwanto sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) dalam Pilkada Manokwari 2024,”Tegas Edison. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *