HUT HIPMI ke – 50, Sejumlah Produk UKM Lokal Papua Barat Siap di Pamerkan

MANOKWARI, gardapapua.com — Kurang lebih sekitar 50 orang pemuda – pemudi pengusaha dari perwakilan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Papua Barat, memastikan diri untuk ikut menghadiri HUT Emas ke- 50 tahun HIPMI di Plenary Hall, JCC, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Selain itu sejumlah produk unggulan Usaha Micro Kecil (UKM) asal papua barat, juga siap di tampilkan pada ajang tersebut.

Ketua Umum BPD HIPMI Papua Barat William Heinrich, saat dikonfirmasi awak media pada Kamis (9/6/2022) menyebut, jikalau pihaknya yang terdiri dari Pengurus BPD, dan perwakilan BPC se Kabupaten/ Kota di Wilayah Papua Barat itu, serta anggota akan hadir pada kesempatan yang diketahui bakal dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo dan menghadirkan narasumber dari para Menteri terkait.

Dimana kehadiran para Menteri sebagai Narasumber tentu memberikan panduan atau arahan, bagaimana para pengusaha muda di indonesia agar semakin nyata bersinergi dan berkontribusi dalam mendukung ekonomi nasional hingga pemerintahan.

Sehingga dengan sebuah kebanggaan, bahwa para pemuda – pemudi pengusaha khususnya dari wilayah kepala burung tanah papua, dalam hal ini Provinsi Papua Barat kelak akan diharapkan mampu menjadi generasi entrepreneur muda yang sukses.

“Tentu melalui berbagai persiapan dan bekal yang mumpuni maka pasti bisa menjadi pengusaha yang sukses. Sehingga pada kesempatan ini, kami hadir dan siap memberikan warna memeriahkan HUT ke -50 tahun tersebut,” Ucap William Heinrich.

Dimana melalui kegiatan yang bertemakan ‘Bersama Wujudkan Indonesia Emas 2045’ itu, diharapkan selaras menjadi momentum untuk lebih meningkatkan peran HIPMI dalam membangun perekonomian bangsa, secara khususnya turut mendukung dan menciptakan peluang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tentu memiliki peran penting bagi perekonomian nasional.

Mengutip laporan perekonomian provinsi papua barat februari 2022, oleh Bank Indonesia perwakilan papua barat sebagaimana termuat dalam laman www.bi.go.id, menyebutkan, bahwa terkait akan pembiayaan daerah dan pengembangan akses keuangan UMKM, Kinerja perbankan Papua Barat pada triwulan IV 2021 secara umum mencatatkan perbaikan.

Disebutkan, kondisi stabilitas keuangan di Provinsi Papua Barat pada triwulan IV 2021 masih terjaga. Kredit korporasi tumbuh positif seiring dengan mulai berputarnya roda perekonomian. Sementara, nilai aset dan DPK mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode sebelumnya. Kinerja sektor UMKM mengalami peningkatan yang mengindikasikan aktivitas perdagangan yang mulai tumbuh. NPL masih terjaga pada level yang rendah.

“Jadi selain untuk memupuk tali persaudaraan, kekeluargaan, ini kesempatan Emas bagi kami para pengusaha muda asal Papua Barat untuk dapat berani membangun jejaring bisnis yang kuat karena pengusaha muda di seluruh Indonesia akan berkumpul dan ikut merayakan HUT Emas ke -50 tahun HIPMI ini,” Papar William

“Intinya kita ingin sektor UMKM mengalami peningkatan, khususnya di Wilayah Papua Barat,” Tambahnya

Kesempatan itu, William Heinrich mengajak seluruh pemuda-pemudi se-Indonesia untuk hadir dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 atau HUT Emas HIPMI, yang dalam rangkaiannya dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 Juni 2022.

Senada, Ketua OKK BPD HIPMI Papua Barat, Nadia Siregar menjelaskan, bahwa dalam rangka menyukseskan agenda kegiatan tersebut, perwakilan papua barat pada kesempatan tersebut melihat, bahwa sudah saatnya para pengusaha muda asal tanah papua, dalam hal ini khususnya di Wilayah Papua Barat untuk lebih tampil mengembangkan diri serta kemampuannya dalam berbisnis.

Karena menurutnya, kemajuan ekonomi disuatu daerah juga ditentukan oleh seberapa besar jumlah warganya yang berwirausaha. Sementara itu, dalam memeriahkan HUT HIPMI ke-50 tahun ini, tim BPD HIPMI Papua Barat akan tampil dengan membawa sejumlah produk Usaha Kecil Mikro (UKM) asal Papua Barat dalam ajang HIPMI Expo.

Hasil UKM itu berupa Makanan dan Kemasan, Fashion Batik Papua, dan kerajinan asli rajutan anak – anak papua berupa Tas Noken, dan Mahkota Papua.

Dalam HIPMI Expo tersebut, ada pameran yang menawarkan peluang investasi produk-produk daerah yang dinilai berpotensi untuk dikembangkan dan diperdagangkan, secara meluas.

” Ada 20 Produk dari Papua barat yang akan kita bawa dan tampilkan pada EXPO HUT 50 th HIPMI. Kita dukung produk Papua Barat. Dan kita sangat bersyukur juga EXPO BPD Papua Barat mendapatkan tempat berdampingan dengan Booth BPP. Sehingga menjadi harapannya produk UKM asal Papua Barat menjadi pusat perhatian nantinya,”Ungkap Nadia Siregar

Sekedar diketahui, HUT HIPMI ke-50 ini memiliki sejumlah rangkaian acara. Seperti perayaan HUT HIPMI ke-50, Museum HIPMI, Indonesia Young Leader Forum, Business Matching & Networking, HIPMI Expo, Duta Entrepreneur HIPMI 2022, dan HIPMI Golf. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *