DaerahGarda NusantaraGarda Sorong RayaHeadline newsHUMANISNasional

Tim Studi Tiru Tapanuli Utara Kunjungi Pemkab Sorong, Ini Beberapa Hal Inovasi yang di Sepakati

AIMAS, gardapapua.com — Bupati Sorong, (PBD) melalui Asisten-I Setda kabupaten Sorong, Adi Bramatyo, SIP, M.Si, pada Selasa (12/03/24), menerima dengan resmi kunjungan rombongan tim studi tiru kabupaten Tapanuli Utara, (Sumut) yang dipimpin Sekda kabupaten Tapanuli Utara, Dr. Indra Simaremare, Drs., M.Si.

Adapun hal tersebut mengenai terobosan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD) untuk nantinya akan direplikasikan kembali melalui metode kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Tapanuli Utara (Taput), yang juga selaku ketua Tim studi tiru, Dr. Indra Simaremare, Drs. M.Si, menyampaikan bahwa Program Pembangunann di segala lini kehidupan akan menjadi tepat guna, tepat sasaran, akuntabel dan transparan apabila di dukung oleh basis data yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sejalan dengan itu, pihaknya menyatakan bahwa tujuan kedatangan mereka adalah untuk mempelajari inovasi di lingkup Pemkab Sorong.

Inovasi-inovasi tersebut kata dia akan menjadi referensi guna mewujudkan visi kabupaten Tapanuli Utara sebagai Lumbung SDM Berkualitas serta Daerah Tujuan Wisata.

Indra menambahkan, kabupaten Sorong merupakan daerah yang dinilai berhasil mendorong dan menciptakan inovasi dalam pelayanan terhadap masyarakat.

“Kami datang kesini untuk belajar tentang inovasi. Kabupaten Sorong adalah daerah yang memiliki inovasi-inovasi yang bagus untuk direplikasi, guna diterapkan di daerah kami,”Kata Indra.

Sejalan dengan tujuan kunjungan Tim Taput, dalam acara penerimaan, Pemkab Sorong kemudian mempresentasikan 4 inovasi yang telah dilakukannya selama ini.

Empat inovasi itu masing-masing Tabagasi, Kios Kampung, Alpegas, dan Yawukobok diketahui telah menghantarkan kabupaten Sorong meraih juara (kategori daerah tertinggal) dalam ajang IGA Nasional dua tahun terakhir ini.

Presentasi disampaikan oleh Kabid Penelitian, Pengembangan Data dan Pelaporan Baperlitbang setempat, Yohanes Laba Maran, S.Fil., M.Si. Senada, Adi Bramatyo, SIP, M.Si juga menyatakan, pihaknya telah bersepakat dengan Tim Studi Tiru Tapanuli Utara untuk saling me-Replikasi inovasi masing-masing.

Adi memastikan, inovasi di Pemkab Tapanuli Utara yang dinilai relevan akan direplikasi oleh Pemkab Sorong, salah satunya terkait pelayanan Kesehatan.

“Pertama-tama kami sampaikan selamat datang di kabupaten Sorong. Perlu diketahui tadi sudah ada pembicaraan dengan Tim Studi Tiru Tapanuli Utara. Dan ke depannya kami sudah berencana untuk mereplikasi inovasi mereka yang relevan supaya diimplementasikan disini, terutama menyangkut bidang Kesehatan,”Tukasnya. [TIM/RED]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *