DaerahGarda KaimanaGarda NusantaraHeadline newsPendidikanPolitik

Kunjungi KPU dan Bawaslu di Kaimana ini Yang dilakukan Yance Samonsabra

KAIMANA, gardapapua.com — Komisioner Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten kaimana, menerima kunjungan dari salah satu senator DPD RI, dikantor KPU kaimana, pada Senin (29/01/24). Kunjungan senator DPD RI dimaksud adalah Yance Samonsabra, SH, M.Si.

Kunjungan Yance Samonsabra, SH, M.Si, ke kaimana tak lain untuk mengetahui sejauh mana pengawasan pemilu dilaksanakan. Salah satunya terkait dengan pendataan pemilih pemula, baik yang sudah dilaksanakan oleh pihak KPU maupun Bawaslu di Kaimana.

Terkait itu, Ketua KPU Kaimana, Chandra Kirana bersama Divisi Pengawasan Penindakan penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu kaimana John Philip Kiruwa ketika dijumpai sejumlah wartawan di kantor KPU kaimana turut membenarkan adanya agenda kunjungan tersebut.

Dikatakan ketua KPU, Chandra Kirana, bahwa kunjungan Senator DPD RI wilayah papua barat bertujuan untuk mengawasi memonitoring, pelaksanaan tahapan Pemilu di kabupaten kaimana.

“Hari ini tanggal 29 Januari 2024 KPU kaimana ada kunjungan dari senator DPD RI papua barat atas nama bpk. Yance Samonsabra, SH, M.Si, yang mana beliau ada bertanya terkait data pemilih, jumlah data pemilih, bagaimana pergeseran logistic dan beberapa item lainya,”Jelas Chandra.

Sementara berkaitan dengan pendataan pemilih pemula, lanjut Chandra, selain telah melaksanakan sosialisasi namun pada saat ditetapkan Data Pemilih Tetap (DPT) bahwa pemilih pemula sudah termasuk dalam DPT.

“Namun tidak dipungkiri ada beberapa pemilih pemula yang belum melaporkan dirinya dan dapat di daftarkan pada Daftar Pemilih Khusus (DPK),”Terangnya

Terpisah, Senator DPD RI komite III Perwakilan Papua Barat yang membidangi Pendidikan, Yance Samonsabra menjelaskan bahwa kunjungan dirinya adalah berkaitan dengan data pemula yang telah berumur 17 Tahun.

Lanjut dia, mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh bawaslu dan panwas dalam mensosialisasikan teknis pelaksanaan pemilu kepada pemilih pemula.

” Jadi tugas kami mengecek seperti apa data pemilih pemula di KPU dan Bawaslu sehingga kami melakukan pertemuan seperti apa yang telah mereka lakukan terkait dengan bagaimana mereka melakukan tentang pendataan pemilih pemula, dan kami juga telah bertemu dengan dinas pendidikan terkait pelayanan pendidikan di Kaimana ini. Apakah ada kendala dan kalau ada kendala itu dimana dan karena ini sudah dilakukan, kami juga ingin tahu sejauh mana kenaikan data pemilih pemula,”Ungkapnya.

Dari hasil kunjungan dimaksud, dikatakan, bahwa KPU dan Bawaslu Kabupaten Kaimana telah melakukan sesuai dengan regulasi.

” Semua ini sudah dilakukan dengan baik oleh Bawaslu dan KPU dan disampaikan bahwa data pemilih pemula mengalami kenaikan. Dan tidak mengalami kendala untuk pemilih pemula yang ada di Kaimana, yang menjadi kendala lain yang disampaikan yakni yang mempunyai hak pilih tetapi berada di luar Kaimana,”Sebutnya

Dengan kondisi letak geografis kabupaten Kaimana, senator DPD RI berharap agar dalam pelaksanaan pemilu ada Kaloborasi yang baik antara Pemda dengan penyelengara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu, yang tentunya memfasilitasi kegiatan kegiatan yang akan dilakukan, sehingga pemilu di Kabupaten Kaimana dapat berjalan sukses. Aman, damai dan lancar.

“Kepada semua warga Kaimana, dan teruntuk pemilih pemula untuk mari datang ke TPS pada tanggal 14 Februari yang tentunya adalah hari kasih sayang, tetapi di tangal yang sama mari ke TPS untuk kasih suara untuk memilih yang terbaik,”Tukasnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *