Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHUMANISSudut Pandang

LMA Papua Barat Apresiasi Irjen Pol DTM Selama Menjabat sebagai Kapolda Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com – Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga (DTM), saat ini telah resmi menanggalkan jabatannya sebagai Kapolda Papua Barat.

Posisinya resmi digantikan oleh Brigjen Pol Jhonny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P, yang juga akan segera menyandang gelar pangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Bintang Dua.

Kepergian Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, membuat haru dan tuai pujian oleh Masyarakat Papua Barat, Bumi Kasuari, yang pernah merasakan bantuan dan gebrakannya selama menjabat sejak 20 Juni 2022.

Tuaian pujian dan dukungan dari Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Provinsi Papua Barat, atas Prestasi dan dedikasi mantan Kapolda Papua Barat, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga disampaikan oleh Ketua Harian LMA Papua Barat, Franky Umpain.

Ketua Harian LMA Papua Barat, Franky Umpain mengungkapkan, bahwa prestasi yang dituai Kapolda cukup berkesan di mata masyarakat adat, pemuka agama maupun tokoh masyarakat Papua di Provinsi Papua Barat.

Pasalnya, banyak prestasi yang telah dicapai dan digapai oleh Kapolda yang dikenal akrab dengan Masyarakat Adat serta awak media di seantero Bumi Kasuari. Tak terhingga, dedikasi Kapolda Daniel Tahi Monang Silitonga dikenal akrab hingga warga masyarakat dan prajurit yang bertugas di wilayah pelosok Provinsi Papua Barat.

“Beliau banyak memberikan dedikasi untuk Papua Barat tercinta. Kami akan selalu kenang pengorbanan dan prestasi beliau mengangkat hak-hak masyarakat adat Papua,”Ugkap Franky Umpain.

Franky mengakui, bahwa banyak cerita yang tidak pernah akan hilang dari sosok mantan Kapolda Papua Barat itu. Sebutnya, salah satu yang akan dikenang adalah komitmen Kapolda untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua di bidang militer. Bahkan, Kapolda Papua Barat itu ikut andil dan memberi dukungan penuh jalannya program literasi di Papua Barat.

“Beliau sangat konsen mengangkat harkat dan martabat SDM anak asli Papua. Buktinya, banyak anak-anak Papua masuk polisi. Beliau juga andil mendorong jalannya program literasi hingga ke tingkat Polsek-polsek dan Polres di Kabupate se-Papua Barat,”Kenang Franky.

Bukti lain disampaikan Franky adalah Kapolda menjadi pejabat kepolisian pertama yang mendukung peningkatan Pendidikan di Wilayah Papua Barat, melalui pendirian Yayasan untuk menjawab anak-anak putus sekolah melalui program Paket A, Paket B dan Paket C.

“Beliau sangat berjasa untuk kemajuan SDM di Papua Barat. Sebab Kapolda mendorong anak Papua berprestasi melalu bakatnya di beberapa cabang olah raga yang diminta anak-anak Papua saat beliau menjabat,”Sebut Franky.

Ditambahkan Franky, keberhasilan Kapolda Papua Barat, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga juga adalah melakukan pendekatan yang humanis bersama kelompok-kelompok strategis serta mampu menepis berbagai gejolak yang timbul di wilayah Provinsi Papua Barat hingga Provinsi Papua Barat daya. Kapolda juga dikenal dalam kemitraan dengan LMA dan tokoh Papua di Papua Barat selama ini dan sosok yang ramah dan humanis.

“Terima kasih dari kami LMA Papua Barat dan LMA Papua Barat Daya atas dedikasi dan peran Bapak Kapolda Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga memajukan SDM anak-anak Papua di Bumi Kasuari Provinsi Papua Barat dan Bumi Energi Provinsi Papua Barat Daya. Karya dan hasil beliau akan selalu kami kenang,”Pungkas Franky.

“Selamat menjalankan tugas dan pengabdian di tempat yang baru. Kami percaya berkat yang diuraikan I.S. Kijne akan menjadi bagian dari hidup pribadi dan keluarga bapak mantan Kapolda Papua Barat,”Ucap Franky. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *