DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsRegionalUncategorized

DPP IRAFU Komitmen Dorong Pengembangan Wisata Alam Gunung Meja Manokwari, Ini Buktinya !

MANOKWARI, gardapapua.com — Ikatan Rimbawan dan Alumni Fahutan Unipa (DPP-IRAFU) berkomitmen mendorong pengembangan ekowisata yang merupakan salah satu jawaban untuk mengurangi polusi yang bisa berdampak luas bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya pengelolaam pemanfaatan Taman Wisata Alam Gunung Meja, yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Dimana melalui komitmen bersama Pemerintah daerah, diharapkan akan mendorong pengembangan wisata alam sebagai salah satu skema pemanfataan hutan guna meningkatkan penerimaan negara bukan pajak dari sektor kehutanan.

Seperti diketahui, Jarak dari pusat kota ke Taman Wisata Alam Gunung Meja sekitar 2,5 km. Fungsi utama Taman Wisata Alam Gunung Meja yaitu untuk pariwisata dan rekreasi alam, sebagai tempat penelitian serta perlindungan sistem penyangga kehidupan bagi keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan, sejauh ini telah mulai nyata dilaksanakan.

Salah satu bukti nyata yang telah dilakukan adalah melalui pelaksanaan Lomba Lintas Alam Taman Wisata Alam Gunung Meja (LLA TWA-GM) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat – Ikatan Rimbawan dan Alumni Fahutan Unipa (DPP-IRAFU).

Kegiatan yang dilaksanakan menempuh jarak 10 Kilometer, dimana pembukaan start peserta yang dilepas langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Dr. Niko U.Tike. SE, mewakili Pj. Gubernur Papua Barat di halaman Kampus Fakultas Kehutanan Universitas Papua Kampus Amban Manokwari dan finish di Halaman Kantor BSI-LHK (Eks Kantor LITBANG Kehutanan) Susweni Manokwari pada hari Sabtu, 30 September 2023 Pukul 08.00 WIT, kemarin.

Ketua DPP-IRAFU Jimmy Wolter Susanto, S. Hut.,MP dalam rilis yang diterima redaksi ini pada Rabu (4/10/2023) mengatakan, bahwa LLA TWA-GM Tahun 2023 selain sebagai ajang memperkenalkan dan mengedukasi cinta lingkungan bagi masyarakat, sekaligus terus mengedukasi fungsi dan keberadaan TWA Gunung Meja sebagai kawasan perlindungan dan salah satu ikon Kota Manokwari yang perlu terus dipertahankan sebagai “paru – paru’ Kota Manokwari dan jasa ekologis lainnya seperti air bersih dan habitat bagi berbagai hewan dan tumbuhan endemik dan tumbuhan liar lainnya. Hal ini karena TWA Gunung Meja merupakan satu-satunya kawasan Hutan Alam (virgin forest) yang tersisa dan masih tetap terjaga dengan baik di Tengah hirup -pikuk pengembangan wilayah secara khusus di Kabupaten Manokwari.

Hal ini menjadi salah satu sorotan Ketua DPP-IRAFU Jimmy Wolter Susanto, S. Hut., MP. agar kawasan ini terus dipertahankan dan dikelola dengan baik. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dari dukungan IRAFU sebagai Wadah Alumni Rimbawan terhadap Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2023 yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada PJ. Gubernur Papua Barat, Ketua PKK Provinsi Papua Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Rektor dan Dekan Fakultas Kehutanan Unipa, Kepala Balai Besar KSDA Sorong, Kepala Balai Penerapan Standart Isntrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Papua Barat, Kepala UPTD Balai Perbenihan dan Pengembangan Tanaman Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat atas dukungannya bagi terselenggaranya kegiatan tersebut,”Ungkap Ketua DPP-IRAFU Jimmy Wolter Susanto, S. Hut.,MP.

Sementara itu, Ketua Panitia Niklas Merindakang, S. Hut., M.Hut, dalam laporan panitia menyatakan, bahwa peserta kegiatan ini terdiri atas Siswa – siswi SMA dan Mahasiswa se-Kota Manokwari; Organisasi Masyarakat (ORMAS) seperti FKPPI, Ikatan Alumni, Organisasi Gereja, Bhakti Rimbawan Papua Barat, Pramuka Binaan POLRESTA Manokwari, Saka Wana Bhakti; LSM (Perdu, Mnukwar, Bina Kasih Lingkungan); OPD Kabupaten dan Provinsi (BI, BBKSDA Wil.2, Inspektorat Provinsi Pb, PKK Provinsi), dan sebagainya. Peserta LLA TWA-GM sebanyak 280 peserta yang mengikuti lomba LLA tersebut.

“Selain Lomba Lintas Alam, juga dilaksanakan lomba Fotografi Nasional yang terbuka untuk umum yang diikuti oleh 18 peserta terseleksi yang memenuhi persyaratan lomba fotografi dengan obyek utama potensi alam dan wisata TWA Gunung Meja serta lomba Mewarnai bagi anak – anak tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang diikuti oleh sebanyak 21 PAUD/TK di Kabupaten Manokwari dengan jumlah peserta mencapai 50 orang,”Pungkas Ketua Panitia Niklas Merindakang, S. Hut., M. Hut.

Keseluruhan penilaian lomba dan penyerahan hadiah, door price tersebut dilaksanakan pada Hari Sabtu, 30 September 2023 di halaman Kantor BSI-LHK Susweni – Manokwari. Hadiah berupa uang pembinaan, piala dan sertifikat bagi para pemenang dan keseluruhan peserta, baik LLA, Fotografi dan mewarnai mendapatkan Sertifikat mengikuti lomba.

Pada kesempatan sama, Eko Budi Supriyadi, S.Hut, selaku Kepala Bidang KSDA Wilayah II Manokwari Balai Besar KSDA Papua Barat juga menyampaikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan LLA-TWA Gunung Meja di dalam kawasan ini dan mewakili BB-KSDA Papua Barat mengatakan bahwa secara pengelolaan, Kawasan TWA Gunung Meja saat ini berada di Wilayah Pengelolaan Bidang KSDA Wilayah II Manokwari. Kawasan ini perlu terus dijaga sebagai rumah bersama dalam mendukung Kota Manokwari secara khusus dengan berbagai fungsi ekologisnya.

Berikut pemenang lomba pada masing – masing katogori lomba, LLA TWA-GM Tahun 2023.

Pemenang Lomba Lintas Alam :
Juara I : Regu SMA Taruna Kasuari Nusantara Papua Barat
Juara II : Regu LSM Mnukwar
Juara III : Regu Forester’21 Fahutan Unipa
Juara Harapan I : Regu Manilkara Fasciculata Fahutan Unipa
Juara Harapan II : Regu IKA SKMA Pengcab Manokwari
Juara Harapan III: Regu Pramuka Prasabhara DBK58 POLRESTA Manokwari

Pemenang Lomba Fotografi :
Juara I : Sdr. Steven Buiney (Tema : Wisata Alam Sumber Kehidupan)
Juara II : Herwanto (Tema : Menjulang Tinggi (Paru-paru) Dunia)
Juara III : Doni Pangkarambe (Tema : Mengamati Beberapa Keindahan Satwa TWA Gunung Meja Dari Balik Viewfinder Kamera)
Juara IV : Rikardo Hotmanik (Tema : Kami Indah Jika Kami Dirawat)

Pemenang Lomba Mewarnai :
Juara I : Ignasia Delphine l. Sapalo dari TK Bunga Bhakti
Juara II : Mofmorum M. Yakonias Igga dari TK Makarismos
Juara III : Barizah Eleanor Manaray dari TK Tunas Nusa
Juara Harapan I : Ransi Santo M. Sarungallo dari TK Bunga Bhakti
Juara Harapan II : Ilatha Allelovia Saragih dari TK Kuncup Harapan
Juara Harapan III: Grace Zilvania Pieters Kawab dari TK Cahaya Kasih
Juara Berbakat I : Aira Hajratul Aswad Basri dari TK Permata Hati
Juara Berbakat II: Syalommilka C. Maindoka dari TK Solafide
Juara Berbakat III: Mariana E. Wanma dari TK Solafide

[TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *