DaerahGarda KaimanaRegional

Para Kelompok Tani Sayur di Kaimana, Terima Bantuan Pembinaan dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan

KAIMANA, gardapapua.com — Kurang lebih selama 10 tahun terakhir dengan kepemimpinan kepala dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Kaimana terus memberikan perhatian kepada petani sayur dan kelompok tani, dalam bentuk bantuan bibit dan pembinaan bagi kelompok – kelompok tani.

Bantuan dan pendampingan oleh staf pada dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Kaiman itu, untuk bagaimana disuplai atau disalurkan kembali bagi petani agar tidak menjadi kelangkaan.

” Sejak pespararwi Tahun 2017 itu, hasil panen bawang merah kurang lebih 1 ton, diserahkan untuk digunakan, dan kemarin juga Desember 2023 ada 1 ton, memang ada yang tanya. Tapi tetap kita berupaya agar kebutuhan tercukupi,”Ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Kaimana, Aristoteles Idorwai di ruang kerjanya, pada senin (17/7/2023).

Dia tambahkan, bahwa untuk menjadi petani dengan hasil yang memuaskan, dibutuhkan petani yang panjang sabar dalam perawatan tanaman tanaman yang di tanam.

” Jadi mereka (Petani) yang di jembatan biru itu adalah mereka yang sudah memang terlatih. tinggal bagaimana kita pemerintah terus mendampingi, dan ini kita sudah jalan hampir 10 tahun,”Ujarnya.

Tidak hanya pendampingan bagi petani sayur yang ada di batu putih, Dinas pertanian dan tanaman pangan kabupaten Kaimana, juga melakukan pendampingan terhadap kelompok tani di tanggaromi dan hasilnya bisa jadi tepung dan keripik.

” Dalam bercocok tanam yang khususnya sayur, itu butuh kesabaran dan ketabahan, jadi tidak semua warga bisa melakukan hal ini,”Tambahnya.

Untuk itu, dinas pertanian terus membuka diri kepada kelompok atau person yang ingin membuka lahan dan masih terkendala bibit atau pupuk bisa dapat langsung ke kantor dan akan dilakukan survei oleh petugas dan mendapat bahan.

Ada beberapa dari jemaat gereja, tambah kepala dinas pertanian dan tanaman pangan telah dibantu soal bibit dan pupuk, sehingga ini akan menjadi perhatian serius dalam melakukan pembinaan kepada kelompok. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *