DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsNasionalPolitik

‘dr. RR’ Sosok Perempuan Asli Papua, Yang Siap Perjuangkan Isu – Isu Perempuan Melalui Jalur DPR-RI

MANOKWARI, gardapapua.com — dr. Rosaline Irene Rumaseuw, M.Kes, merupakan salah satu bacaleg, sosok perempuan asli papua dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang bakal bertarung dalam Pemilihan Legislatif (pileg) 2024, Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat.

Dapil Papua Barat sendiri memiliki kuota 3 kursi, dengan meliputi daerah pemilihan antara lain : Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak.

Dengan segala kesiapan dan pengalamannya dalam kancah perpolitikan nasional, dr. RR (sapaan singkatnya,red), menyatakan diri siap menuju kursi senayan untuk mengakomodir aspirasi dan mewujudkan harapan masyarakat melalui wadah perpolitikan.

“Puji syukur kepada TUHAN, dan dukungan Maayarakat kami secara Partai PAN No. urut 12 telah mendaftar pada tanggal 12 Mei 2023 kemarin di KPU -RI. Saya sendiri siap maju di Dapil Papua Barat sebagai Putri Asli Papua, yang siap mengakomodir harapan dan aspirasi masyarakat di daerah,”Ucap Rosaline Rumaseuw.

Politikus Indonesia kelahiran 23 Januari itu bertekad, dirinya akan memperjuangkan isu-isu perempuan dan berkaitan dengan peningkatan kesehatan perempuan jika terpilih.

“Apalagi berkaitan dengan kesetaraan gender hingga perlindungan terhadap perempuan dari kekerasan, dan stunting. Apalagi prevalensi balita stunting di Papua Barat masih mencapai 30% pada 2022, dan menempatkan papua barat peringkat ke-6 secara nasional. Ini Pekerjaan Rumah (PR) kita dan perhatian bersama, mulai dari pemerintah daerah hingga ke pusat. Sehingga dengan latar belakang saya sebagai seorang dokter, ini juga menjadi perhatian saya, dan perhatian terhadap kesehatan terhadap perempuan,”Ungkap Rumaseuw.

Dengan mengusung tema ‘Bantu Rakyat’, bersama PAN yang telah menaunginya, Rosaline Rumaseuw meyakini, dia dapat membantu dan melayani masyarakat dengan kebijakan-kebijakan yang dibuat di ranah legislatif.

“Tema dari PAN kali ini adalah, PAN bantu rakyat. Sehingga terkait isu perempuan dan anak itu menjadi pilihan tepat untuk bersama mengawal hal ini melalui jalur perpolitikan DPR-RI,”Paparnya

Dimana peningkatan pemberdayaan perempuan dalam berbagai hal, sangat dibutuhkan dalam proses meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Berangkat dari hal itu, Rosaline ingin kehadirannya dapat menghapus kesenjangan yang selama ini terjadi.

“Perempuan masih lebih rendah dari laki – laki, tak dipungkiri kesenjangan gender dalam pembangunan masih tinggi, dan belum maksimalnya peran perempuan dalam politik, ekonomi serta pengambilan keputusan. Sisi lainnya, tingkat partisipatif perempuan juga masih rendah. Kekerasan perempuan dan anak masih tinggi, sehingga fokus itulah yang menjadi acuan. Sebagaimana pesan dari Ketua Umum saya Zulhas menyatakan, bahwa konstetasi politik bagi kader adalah lomba untuk menawarkan solusi atau program kerja kepada rakyat, dan guna mencapai solusi terbaik bagi masyarakat, baik ditingkat daerah, provinsi dan pusat. Sehingga kehadiran saya dalam konstilasi politik sebagai bacaleg DPR-RI ini sebuah harapan baru untuk meminta restu dan dukungan dari Masyarakat di Papua Barat, untuk bersama mewujudkan impian ini,”Cetusnya

Karena perempuan itu sumber daya manusia yang harus dilindungi, dan diperjuangkan hak – haknya, karena dari kehidupan seorang perempuanlah akan lahir kehidupan generasi lainnya. Sehingga penting hak – hak dasar perempuan perlu digiatkan dan dikawal dengan baik.

“Sehingga kali ini, menurut saya isu perempuan dan anak itu tidak akan terlepas dari saya yang berlatar belakang sebagai seorang dokter, untuk dibahas dan dikawal,”Terangnya

“Masa depan sebuah negara itu ada di masa depan anak – anak, sehingga harus dilakukan perlindungan dan kita bersama harus mampu mengarahkan anak dengan baik. Tugas itu ada di sosok perempuan atau ibu, jadi penting mengawal isu – isu perempuan ini secara berkelanjutan. Dan saya ingin masa depan anak – anak di papua barat, mengalami kemunduran lagi. Baik dari segi pendidikan dan mendapatkan kualitas kesehatan,”Tambahnya

Sedikit tentang sosok Rosaline Rumaseuw, wanita yang dikenal sebagai politisi senior yang humble (rendah hati), sederhana dan mengayomi itu, diketahui menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional, pada Susunan Kepengurusan DPP PAN periode 2020-2025.

Rosaline Irene Rumaseuw yang kini juga tengah merambah kedunia designer dengan telah memiliki brand sendiri dengan kode dr. RR, diketahui pernah menjadi dokter darurat bencana sekaligus aktivis sosial kemanusiaan. Itu saat peristiwa bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah pada 2018, Rosaline Irene Rumaseuw berpendapat, para korban harus mendapatkan trauma healing yang maksimal.

Hal ini sangat penting, khususnya bagi anak-anak guna memulihkan psikis atau kejiwaan sehingga sembuh dari rasa trauma. [Ian/Red]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *