BudayaDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsLingkungan dan HAM

Sekretariat Perkumpulan Perempuan Arfak Diresmikan dan Ditahbiskan

MANOKWARI, gardapapua.com — Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Provinsi Papua Barat, melaksanakan pentahbisan dan peresmian kantor sekretariat.

Kegiatan itu bertempat di Jl. Tugu Jepang, Kampung Insifuri, Manokwari – Papua Barat, pada Jumat (12/5/2023). Pelaksanannya dipimpin dan ditahbiskan dalam doa syukur  oleh Pdt. Melkianus Warfandu, S.Th.

Ketua Umum Badan Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Papua Barat, Indrayanti Y. Mandacan, dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya sangat berbangga dan berterima kasih karena atas seizin Tuhan yang maha kuasa, pelaksanaan peresmian dan pentahbisan sekretariat itu dapat terlaksanakan.

“Sebagai Ketua Umum saya sangat bangga momentum pelaksanaan peresmian sekretariatan ini dapat dihadiri ketua – ketua ikatan perempuan adat lainnya. Karena tentu kami sebagai perempuan arfak juga butuh dukungan perempuan – perempuan adat lainnya untuk bersama – sama dengan kami bergandengan tangan dengan setiap umat di Manokwari sebagai bentuk komitmen membangun bersama tanah arfak, Provinsi Papua Barat,”Ucap Ketua Umum Badan Perkumpulan Perempuan Arfak (PPA) Papua Barat, Indrayanti Y. Mandacan.

Dia juga berterima kasih dan mengapresiasi kesediaan Ketua Klasis Manokwari yang berkesempatan hadir dan berkenan memimpin jalannya prosesi pentahbisan sekretariat tersebut.

“Tujuan daripada kesekretariatan ini adalah bagaimana dapat menghimpun seluruh perempuan suku arfak bersatu dalam badan pengurus arfak, agar lebih mudah melaksanakan target dan program kerja terutama menyasar dan mengumpulkan setiap badan pengurus dapat berhimpun. Sehingga kita berbangga dan mengucap syukur karena berkat penyertaan Tuhan sekretariat perkumpulan perempuan arfak bisa ditahbiskan dan diresmikan saat ini,”Jelasnya

Baca Juga : https://gardapapua.com/2023/05/13/usai-terima-sk-presiden-perpanjangan-penjabat-gubernur-paulus-waterpauw-ini-amanah/

Dengan telah ditahbiskan dan diresmikan, Ketua PPA berkomitmen, kedepan dalam empat tahun perjalanan segala target program kerja sebagaimana telah dirancang melalui 6 bidang bisa terlaksana dan hasilnya dapat merangkul seluruh perempuan arfak.

“Jadi kita harus tetap berjalan sesuai program kerja, dan ini komitmen agar target visi – misi kita itu bisa jalan, maka harus ada sekretariat. Dan perlu diketahui kita ada 6 bidang, yang kesemuanya program diharapkan bisa dikerjakan dengan baik, meski ada kekurangan. Tapi mari kita bergandengan tangan, meski disela – sela kesibukan kita masing – masing. Karena dari sinilah kita bersama belajar dan berhimpun,”Cetusnya

Melalui sekretariat ini juga, didalamnya akan lahir berbagai pembahasan program kerja prioritas, salah satunya berkaitan tentang pemberdayaan dan kemajuan perempuan arfak, di provinsi papua barat.

“Terima kasih untuk hari ini, terima kasih juga untuk semua yang telah mengambil bagian bersama kami dalam wadah perkumpulan perempuan arfak, hari ini telah boleh ditabiskan oleh Ketua Klasis dan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami, bahwa beliau boleh mentahbiskan tempat ini sebagai sekretariatan yang mana didalamnya kami akan membahas berbagai program yang sudah ditetapkan didalam musda dan ketika itu, kami akan lakukan sesuai dengan apa yang Tuhan beri dan teramanahkan buat kami. Walau belum semua kami kerjakan di tahun ini tapi kami yakini, dan jikalau Tuhan sayang dan Tuhan kehendaki kami akan melakukan apa yang bisa kami kerjakan,”Ujarnya

“Ketika kesekretariatan ini telah resmi ada, kiranya kedepan dapat menjadi wadah untuk kiranya dapat memusatkan satu komitmen bekerja secara seksama membangun tanah arfak, tanah papua yang lebih baik,”Tambahnya.

Kesempatan itu juga, Sekretaris Pemberdayaan Perempuan & Anak Provinsi Papua Barat mengatakan, Pemerintah sangat mengapresiasi kehadiran organisasi perempuan, khususnya yang bergerak untu mengawal aspirasi dan budaya adat, sesuai dengan tatanan setiap daerah di Tanah Papua. [Ris/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *