DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPolitikRegional

Baru 3 Parpol Pengajuan Daftar Bacaleg, KPUD Manokwari Konsisten Kerja Sesuai Tahapan

MANOKWARI, gardapapua.com — Proses menuju Pemilu 2024 terus berjalan. KPUD Manokwari berkomitmen bekerja sesuai Tahapan.

Hal ini tentu dalam menjaga kepercayaan publik pada penyelenggara pemilu, agar seluruh proses kerja yang dilakukan KPU dalam menyelenggarakan Pemilu dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sebagaimana diketahui sedang dalam tahapan Pendaftaran Calon Legislatif (Caleg ) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), berlangsung selama 14 hari.

Adapun sejak dibuka tanggal 1 Mei 2023 sampai hari ini, kamis 11 Mei 2023, total baru 3 Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan bakal Calon Legislatif (Caleg) di KPU Manokwari.

” Pengajuan Bakal Calon kepada KPUD Manokwari sampai saat ini, yaitu partai PKS, PDI – Perjuangan, dan Partai NasDem dari 18 partai politik yang merupakan peserta pemilu tahun 2024,”Ucap Ketua KPUD Manokwari, Aplena A.L Rumaikeuw, S.Sos.

Itu juga telah berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim verifikator kepada 3 partai bersangkutan, dan telah lengkap 100 persen memiliki 30 calon dari setiap parpol serta kuota jumlah caleg perempuan juga terpenuhi, sehingga 3 parpol ini dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi.

“Kami terima berkas dari parpol ini yaitu MODEL B-PENGAJUAN PARPOL, kemudian model B bakal calon, dan kemudian ada surat persetujuan DPP itu semua dalam bentuk fisik dan digital dari Silon dan dokumen persyaratan semua ada didalam Silon. Kemudian ditindaklanjuti dalam proses verifikasi,”Ungkap Aplena

Adapun pengajuan dokumen fisik dapat dimasukan setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00-16.00 wit.

“Rata – rata semua partai telah koordinasi terkait rencana pengajuan daftar bacaleg mereka. Dan ada juga yang telah konsultasi. Untuk besok (Jumat 12 mei 2023) direncanakan ada 5 parpol yang terkonfirmasi mendaftar, dan (Sabtu 13 mei 2023) ada 3 parpol, untuk hari minggu 1 parpol terkonfirmasi siap,”Bebernya

“Kami pada hari terakhir Minggu 14 mei 2023 sampai pada pukul 23.59 wit. Intinya kami tetap sesuai tahapan dan jadwal yang ada dan telah ditetapkan,”Tambahnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *