Pembentukan Kodim 1811/Teluk Wondama di Resmikan, Ini Pesan Pangdam XVIII/Ksr

TELUK WONDAMA, gardapapua.com – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos, meresmikan pembentukan Kodim 1811/Teluk Wondama, yang merupakan Kodim baru, sebelum dimekarkan masuk wilayah tugas Kodim 1801/Manokwari, Pangdam lakukan alih kodal dan melantik Letkol Inf Saheri sebagai Komandan Kodim pertama di Teluk Wondama, di Lapangan Makodim 1811/Teluk Wondama, Papua Barat, Selasa (25/10/2022).

Kehadiran Kodim ini dapat memberikan efektivitas dan memperluas jangkauan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dan membantu tugas Pemerintah Daerah untuk melaksanakan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Teluk Wondama.

Pangdam, berpesan kepada seluruh prajurit Kodim 1811/Teluk Wondama agar dengan cepat memahami apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawabnya, laksanakan deteksi dini dan cegah dini setiap permasalahan yang dihadapi di wilayah ini dan hendaknya dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas serta tidak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat maupun aparat sendiri selalulah bekerja dengan hati dan jadilah bagian dari solusi dari permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dihadapan para tamu undangan dan masyarakat, secara khusus Pangdam menyampaikan terimakasih dan sekaligus apresiasi kepada leluhur dan pemuka adat Kabupaten Teluk Wondama karena awal sebelum upacara telah mendapat restu yang jelas dari para leluhur.

“Selaku Pangdam XVIII/Kasuari saya menyampaikan apresiasi, terima kasih yang tulus mulai dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten Teluk Wondama serta masyarakat dan semua yang telah ikut berpartisipasi sehingga proses pembangunan Kodim Teluk Wondama dapat terselesaikan dengan baik sampai dengan peresmian hari ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa peresmian Kodim ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat, Nomor 753 Tahun 2022 tanggal 15 September 2022 dan satuan ini nantinya berada di bawah Korem 182/JO yang sebelumnya menjadi bagian wilayah tugas Kodim 1801/Manokwari.

Wilayah Kabupaten Teluk Wondama yang terdiri dari 13 Distrik 75 Kampung dan 1 kelurahan tentunya perlu pelayanan publik yang baik dan mampu menjangkau secara langsung ke tengah kehidupan masyarakat.

“Dengan hadirnya Kodim ini diharapkan juga dapat memberikan kontribusi positif dalam melayani masyarakat bersinergi dengan Pemda beserta instansi lainnya termasuk masyarakat demi mewujudkan Kabupaten Teluk undama menjadi daerah yang aman lebih maju dan sejahtera pada masa yang akan datang,” tambah Pangdam.

Orang nomor satu dilingkungan Kodam ini pun menjelaskan bahwa berdirinya Kodim ini akan diikuti oleh perkembangan Koramil dan perangkat pendukung lainnya sehingga Kodim Teluk Wondama dapat dioperasionalkan secara optimal dengan harapan keberadaan Kodim ini nantinya dapat mendorong Pemerintah Kabupaten Teluk undama Dalam melakukan percepatan pembangunan.

“Saya berharap kepada Bapak Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, para Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat serta seluruh elemen masyarakat dapat mendukung tugas pokok Kodim Teluk Wondama dengan saling komunikasi dan koordinasi di lapangan sehingga secara dini setiap gejala dan indikasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dapat segera diantisipasi dan diatasi secara bersama,” ujar Pangdam diakhir amanatnya

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Danrem 182/JO, para pejabat Kodam, Kapolres, Bupati dan para unsur Forkopimda Kabupaten Teluk Wondama, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, para Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat Kabupaten Teluk Wondama. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *