Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso Serahkan BPNT Triwulan III Bagi Warga, Ini Harapannya

MANOKWARI, gardapapua.com — Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sorong, Papua Barat, Yan Piet Moso, S.Sos, MM, menyerahkan secara simbolis Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) triwulan III tahun 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam launching ketiga tahun 2022 BPNT oleh Pj Bupati Yan Piet Moso, S.Sos, MM, berlangsung di Pendopo Alun-Alun Aimas, Jalan Sorong Klamono KM 19, Kelurahan Malagusa, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. Perwakilan Forkopimda turut hadir dan menyaksikan penyerahan bantuan tersebut.

Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2022 di Wilayah Kabupaten Sorong sebagai upaya percepatan penanggulangan Kemiskinan Kementerian Kemensos RI program ini bekerja sama dengan Kantor Pos

Adapun sasaran dari Program ini yaitu kepada warga masyarakat kurang mampu, saya menghimbau kepada masing-masing Distrik agar selalu mendata warganya dengan data yang akurat sesuai dengan yang terjadi dilapangan.

Tercatat pada kesempatan ini, ada 1.462 KPM (keluarga penerima manfaat) warga yang telah ditetapkan sebagai penerima bantuan pemerintah itu.

Menurut Pj. Bupati, program tersebut tentu diberikan sesuai dengan persyaratan dan tahapan serta berpedoman pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk selanjutnya diusulkan ke Pemerintah Pusat. Maka dengan adanya bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat.

“Saya berharap kepada warga penerima bantuanagar dapat memanfaatkan dengan baik. Sehingga bantuan ini tepat sasaran dan membantu peningkatan ekonomi masyarakat,”Harapnya.

BPNT (bantuan pangan non tunai) pada triwulan tiga 2022, besaran nominal per bulannya adalah Rp 200.000. dan dikesempatan ini telah dibayarkan per tiga bulan. sehingga para penerima manfaat (PKM) miskin dan rentan masing-masing menerima Rp. 600.000.

 

Plt. Kadis Sosial Kabupaten Sorong Amatus Turot, S.Hut, M.Si, disela mendampingi penyerahan bantuan itu mengatakan, bahwa penerima manfaat program bantuan pangan non tunai adalah bagi keluarga-keluarga yang diusulkan melalui mekanisme BPNT.

Dia mengatakan, selain tepat sasaran, manfaat bantuan itu juga harus dirasakan masyarakat agar tujuan pemerintah membantu warga kurang mampu secara ekonomi dapat terwujud.

Untuk kuota penerima manfaat secara umum di Kabupaten Sorong adalah sebanyak 7.840 keluarga penerima manfaat.

Program BPNT menyebar di seluruh distrik (kecamatan) di daerah ini. Pembayaran hari ini oleh PT Pos Indonesia pertama lebih khusus kepada warga ang terkanah musibah banjir, dan salah satunya di Distrik Aimas.

Sedangkan pihak Dinas Sosial, sambung Turot, mereka hanya sebatas pendampingan saja.

“Besok (Jum’at) akan dilakukan pembayaran BPNT di Distrik Salawati, dan selanjutnya pada Senin awal pekan depan akan dilaksanakan di Distrik Mayamuk serta beberapa distrik yang lain,”Jelas Turot.

“Kita utamakan penyaluran BPNT bagi warga yang terkena dampak banjir di dua pekan terakhir ini, baik Distrik Aimas, Mariat maupun Salawati,”Sambungnya

Disebutkan jika dikalkulkasi warga penerima manfaat di Kabupaten Sorong untuk saat ini mencapai Rp. 4,488 miliar.

“Khusus di Distrik Aimas, kalau kita kalkulasikan dengan jumlah penerima manfaat 1.462, maka yang harus kita bayarkan sekitar Rp.788.200.000,”Terangnya. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *