Tiada Henti, Kadinkes Papua Barat Imbau Nakes Segera Vaksinasi Booster Kedua

MANOKWARI, gardapapua.com — Tenaga kesehatan (Nakes,red) merupakan kelompok yang paling berisiko tertular karena berada di garda terdepan penanggulangan Covid-19.

Terkait akan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorrongan, SKM, M.Mkes, tiada hentinya mengimbau jajaran tenaga kesehatan untuk serius mengikuti program pemberian dosis keempat vaksin Covid-19 (booster kedua) yang kini masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

Demikian hal diutarakan olehnya kepada gardapapua.com, saat diwawancarai, senin (5/9/2022).

Otto mengimbau seluruh kepala UPT dan RSUD, atau Fasilitas Kesehatan lainnya se-Wilayah Papua Barat, untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi terhadap Nakes.

“Kalau untuk Booster kedua atau Vaksin keempat itu masih diperuntukan bagi para tenaga kesehatan. Masih banyak juga sih yang belum divaksin untuk kategori Booster Kedua atau Vaksinasi Keempat ini. Untuk itu tiada henti kami sementara imbau kepada para tenaga kesehatan agar segera Vaksinasi Booster Kedua. karena mereka ini garda terdepan melayani Masyarakat,”Ucap Otto Parorrongan, SKM, M.Mkes.

Sedangkan untuk Masyarakat umum, Kata dia, masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Jadi untuk sementara kita masih fokus untuk tenaga kesehatan. Untuk Masyarakat umum dalam kategori Booster Kedua atau Vaksinasi dosis keempat masih menunggu petunjuk,”Sebutnya

Diakui, bahwa cakupan Vaksinasi diwilayah Papua Barat terhadap Tren vaksinasi dosis keempat atau Booster Kedua, sejak dilaunching beberapa waktu lalu hingga kini mengalami penurunan.

Padahal tujuan disediakannya Vaksinasi tak lain pemerintah turut merangsang antibodi setiap Masyarakat, secara khusus para Nakes agar bisa meningkatkan kekebalan imunitas tubuh.

Dimana antibodi yang disuntikan (Vaksin) akan belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh ketika mengenai virus tentu akan mengurangi risiko terpapar.

“Kepada Masyarakat umum agar bagi yang belum melaksanakan Vaksinasi baik dosis I, II dan III agar segera juga bersedia untuk di Vaksin. Ini tak lain untuk memberikan penguatan terhadap kekebalan tubuh,”Paparnya

Adapun untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi khususnya di Wilayah Ibukota Provinsi Papua Barat, Manokwari, beberapa gerai Vaksinasi telah disiapkan oleh jajaran TNI/Polri bekerjasama dengan tenaga kesehatan yang ada, serta layanan Puskesmas terdekat.

Salah satunya, gerai vaksinasi yang terletak di Jalan Trikora Wosi, AMD, Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari. Dalam pelayanannya gerai vaksinasi COVID-19 ini disiapkan untuk melayani masyarakat umum baik yang belum divaksin dosis pertama, dosis kedua dan dosis ketiga atau booster, dibuka sampai malam hari.

Gerai vaksinasi COVID-19 malam hari itu sendiri merupakan agenda Dit Binmas Polda melalui personel Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *