DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsOlahragaRegionalSudut Pandang

Penataan Ruang Infrastruktur di Manokwari, Dimulai Dari Pembenahan Fasilitas Olahraga ‘Stadion Sanggeng’

MANOKWARI, gardapapua.com — Tim percepatan pembangunan infrastruktur daerah Provinsi Papua Barat mulai melakukan rancangan penataan dan pembenahan beberapa ruang infrastruktur, serta sarana prasarana daerah, salah satunya melakukan pembenahan fasilitas olahraga, Stadion Sanggeng, Kabupaten Manokwari.

Plt. Kadis PUPR Provinsi Papua Barat, Yohanis Momot,ST.,MT menyampaikan bahwa tim percepatan pembangunan infrastruktur daerah Provinsi Papua Barat, yang sudah terbentuk serta berisikan para unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten Manokwari yang diketuai oleh Asisten I Setda Papua Barat telah menyatakan komitmen untuk bergerak cepat melakukan pembenahan wajah kota Manokwari, sebagai kota peradaban injil di tanah papua ini.

“Jadi kami sudah terbentuk dan tadi sudah adakan pertemuan untuk bagaimana dalam waktu dekat, Icon atau pembenahan apa yang musti cepat dapat dilaksanakan. Selain itu dalam jangka pendek atau menengah, tim kerja akan merancang gagasan yang bagaimana capaiannya bisa segera melahirkan kesepakatan percepatan pembangunan infrastruktur di kota manokwari dapat segera terlaksana dengan baik dilakukan,”Ujar Plt. Kadis PUPR Papua Barat, Yohanis Momot, ST.,MT.

Plt. Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanis Momot,ST.,MT dalam pemaparannya juga mengatakan bahwa bersama Tim percepatan pembangunan infrastruktur daerah Provinsi Papua Barat, akan banyak rencana-rencana besar yang dalam skala tersebut berisikan target pembenahan sarana prasarana fasilitas publik, hingga pembangunan secara permanen seperti infrastruktur ruas jalan, penataan kawasan, dan rancangan pembangunan lainnya yang perlu dilakukan segera. Agar output atau hasil pembangunan nantinya memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Jadi kedepan skema pembiayaan antara Pemda Kabupaten Manokwari, Provinsi PB dan lewat APBN dari kementrian terkait harus bisa dilaksanakan,”Jelasnya

Sehingga melalui pembenahan sarana prasarana penunjang olahraga, yakni Stadion Sanggeng, Manokwari, dapat memicu tim kerja percepatan untuk lebih maksimal bekerja melahirkan ide dan gagasan program kerjanya.

Sisi lainnya, menjelang perayaan 17 Agustus 2022, Stadion Sanggeng oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw,M.Si, dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Upacara HUT RI ke -77 Tahun.

Hal itu diharapkan untuk membangkitkan kembali kejayaan sepakbola di Papua Barat khususnya di Manokwari yang memiliki tim sepakbola kebanggaan yakni Perseman.

Tim kebanggaan masyarakat Manokwari Perseman sendiri dalam perjalanan sejarahnya sempat masuk Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2007 lalu dan bermarkas di Stadion Sanggeng yang berkapasitas kurang lebih 20 ribu penonton.

Sebelumnya pada tahun 1986 hingga 1989 Perseman Manokwari pernah bermain di Perserikatan dan dibintangi pemain bintang seperti Adolf Kabo dan Yonas Sawor yang juga memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia.

Julukan Perseman Manokwari adalah Hino Cofu (Ular Putih,red) diketahui dalam prestasinya sempat berlaga pada Divisi Utama Perserikatan 1986. Adapun Akhir tahun 2021 kemarin Perseman mengikuti kompetisi liga 3 PSSI Papua Barat tahun 2021 di Kaimana.

Plt Kadis PUPR juga menyebutkan, bahwasannya setelah upacara HUT-77 RI kegiatan di stadion ini diharapkan tidak berhenti namun dapat diteruskan dengan agenda serta program olahraga, yang sangat melekat dengan Masyarakat yakni Pertandingan – Pertandingan Sepakbola.

Tujuannya agar melalui kegiatan olahraga tersebut mampu memunculkan sisi positif dan situasinya bisa bermanfaat bagi generasi muda khususnya serta yang memiliki talenta di bidang sepak bola, juga dapat diperhatikan guna memperkuat kembali wajah tim sepakbola kebanggaan Manokwari, yakni Perseman. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *