Di Ketuai Romer Tapilatu, ‘Obor Pattimura’ ke -205 di Manokwari Tetap Menyala, 3 Tarian Adat Maluku Ini Akan di Tampilkan

MANOKWARI, gardapapua.com — Obor Kapitan Pattimura (Thomas Matulessy) takkan redup dan tetap menyala di hati seluruh anak – anak maluku walau di tanah rantau.

Demikian akan dibuktikan kembali oleh gabungan keluarga besar Maluku, yang berada di Kota Injil Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat, menyatakan siap memeriahkan peringatan HUT Pattimura ke-205 tahun 2022, di Kabupaten Manokwari, yang diketuai oleh Romer Tapilatu.

Hal itu dalam rangka menyemangati warga Maluku di manapun berada, dan tentu untuk meningkatkan rasa kepedulian sesama anak – anak Maluku untuk memperingati hari Pahlawan Nasional asal Maluku, Thomas Matulessy atau lebih dikenal dengan Kapitang Pattimura.

Dimana dalam kesempatan itu, ketua-ketua kerukunan Maluku di Manokwari telah bersepakat dan telah membentuk Panitia yang dipimpin langsung Bung Romer Tapilatu, yang juga Ketua Kerukunan Ambon Maluku Tengah (KKAMT) didampingi Sekretaris, Bung Rocky Siwabessy selaku Ketua Kerukunan Beilohy Amalatu, Bendahara ibu Gheis selaku Pemuda dari Ikatan Kerukunan Maluku Utara, dan di dukung perwakilan dari Maluku Tenggara Raya.

Selain KKAMT dan kerukunan kampung yang ada di Kabupaten Manokwari, Organisasi Masyarakat (Ormas) Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane Indonesia Provinsi Papua Barat juga turut mengambil peran penting dalam rangkaian peringatan HUT Pattimura ke-205 di Manokwari ini.

Sebagaimana hasil keputusan bersama, peringatan HUT Pattimura ke-205 di Manokwari dirayakan dalam beberapa rangkaian kegiatan mulai dari tanggal 13 -16 Mei 2022, yakni bhakti sosial di Taman Makam Pahlawan (TMP) Manokwari, tanggal 13 Mei 2022.

Selanjutnya, Dialog dengan Tema ‘Maluku Bangkit Bersatu’ dengan menghadirkan tokoh intelektual, tokoh adat Maluku, ketua kerukunan dan ketua-ketua pemuda, yang akan berlangsung di Gedung Serbaguna Maranatha Manokwari, pada tanggal 14 Mei 2022.

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Ziarah di TMP Manokwari, dan pada tanggal 15 Mei 2022 dan puncak peringatan HUT Pattimura ke-205 yang ditandai dengan lari obor Pattimura dari titik start Tugu I.S Kijne hingga finish di Lapangan Borasi.

Dimana kesempatan itu, Pelari obor masing-masing perwakilan dari Maluku Utara, Maluku Tenggara dan Maluku Tengah dengan jumlah sebanyak 60 orang pelari.

Disamping itu, tari-tarian asal Maluku juga turut diterjunkan dalam kegiatan ini yakni tarian pukul sapu asal Mamala – Morela, tarian lalayon dari Halmahera Maluku Utara dan tari kipas, yang akan ditampilkan oleh kaum muda berbakat Maluku.

Romer Tapilatu selaku Ketua Panitia Peringatan HUT Pattimura ke-205 di Kabupaten Manokwari, mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk ikut bergabung dan memeriahkan rangkaian kegiatan HUT Pattimura ke-205 di Kabupaten Manokwari.

Ia menegaskan, peringatan HUT Pattimura ke-205 tahun ini adalah sarana untuk merangkul kembali persaudaraan orang Maluku di Tanah Injil Kota Manokwari supaya tidak lagi hidup terpecah-pecah antara kerukunan satu dengan kerukunan yang lainnya.

“Dengan momentum ini, kita ingin merangkul semua kerukunan Maluku yang ada di Kabupaten Manokwari supaya kompak dan bersatu tanpa harus memandang perbedaan kampung,”Pungkas Tapilatu.

Adapun dari setiap momentum perayaan Hari Pattimura selain dinilai untuk menghormati jasa pahlawan adalah dalam bentuk merawat tali persaudaraan, toleransi hidup dengan membangun dan mengembangkan pertalian sejati sesama hidup orang basudara, untuk sama-sama bakukele (bergandengan tangan) bukan bakalai (berkelahi), walau berada di Tanah Rantau sekalipun. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *