DaerahGarda KaimanaGarda ManselGarda Papua BaratRegionalSudut Pandang

Apresiasi Kinerja Wartawan, Markus Waran : Wartawan Harus Berimbang, dan Patuhi Kode Etik

KAIMANA, gardapapua.com — Peningkatan pembangunan di kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) tidak terlepas dari peran serta para kuli tinta (wartawan,red) dalam melaksanakan tugas – tugasnya sebagai insan pers demi mewartawakan atau memberitakan sebuah informasi kepada khalayak umum, (masyarakat secara luas,red).

Saat diwawancarai awak media di Kaimana, Bupati Mansel, Markus Waran sangat memberikan apresiasi atas sumbangsih para insan pers dalam mendukung pemerintah di daerah dalam menyalurkan informasi pembangunan kepada masyarakat secara nyata, dan turut mengedukasi kepada masyarakat melalu pesan-pesan yang dituangkan dalam pemberitaan secara produktif.

Dia berharap, sinergitas yang sudah terbentuk antara Pemerintah Daerah dan insan pers patutunya untuk terus ditingkatkan dalam upaya percepatan pembangunan, khususnya di wilayah kabupaten Mansel.

Menurutnya peran serta Insan Pers terhadap pengawasan dan pengontrolan setiap kebijakan bupati serta mendukung program pemerintah ditingkat daerah, sangatlah penting. Sehingga menyoal setiap pemberitaan, dirinya sangat mengapresiasi media yang ada di daerah.

“Kalau untuk ini adalah kebebasan pers dan saya mengatakan sama teman teman silahkan diangkat bila ada kasus tetapi harus dikonfirmasi secara berimbang, untuk itu saya berharap kepada teman teman medi pers untuk selalu bekerja secara profesional membantu pemerintah daerah dan selalu junjung tinggi kode etik wartawan,”Harap Bupati Markus Waran.

Sebab dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik serta dapat berpihak pada kebenaran. Tentunya Pers dapat berinovatif dan berkarakter demi membangun peradaban pers yang lebih baik lagi, dalam perannya sebagai mitra strategis pemerintah dalam memberikan informasi yang berimbang.

Waran lalu membeberkan, bahwasannya, salah sekedar memberikan apresiasi terhadap kinerja insan pers khususnya yang berada di wilayah Mansel, pihaknya selalu memberikan upaya kontribusi balik yang diharapkan dapat memicu semangat para teman – teman wartawan dalam bekerja semakin giat.

” Mereka (wartawan,red) di mansel itu kita anggarkan anggarannya, karena mereka ikut memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Mansel, ada hak mereka yang diberikan,”Terang Bupati Mansel Markus Maran beberapa waktu lalu saat berada di Kaimana.

Dimana terangnya, bahwa anggarannya  dibagi secara merata. Walau memang ada media atau pewarta di luar daerah Mansel, namun demikian para awak media disana tentulah sangat diperhatikan. Sehingga diharapkan oleh Waran, dengan hal begitulah sinergitas terus akan terbangun. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *