BudayaDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratNasionalRegionalUncategorized

Bupati Hermus Indou Hadiri Pengukuhan Ikaswara Manokwari Periode 2021 – 2026

MANOKWARI, gardapapua.com — Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou menghadiri Pengukuhan Pengurus Ikatan keluarga Sunda Jawa Madura (Ikaswara) Kabupaten Manokwari periode 2021-2026 bertempat di Mansinam Beach Hotel, Manokwari, pada Sabtu (26/03/2022).

Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura Manokwari (Ikaswara) Periode 2021 – 2026, adalah langkah awal Ikaswara bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Manokwari maupun organisasi lainnya guna mendukung Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah khususnya dalam pembinaan sosial dan kemasyarakatan.

Dalam sambutannya Bupati Hermus Indou menyampaikan selamat kepada para pengurus Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (Ikaswara) Kabupaten Manokwari masa bakti 2021-2026 yang baru saja dikukuhkan.

Bupati menilai bahwa Ikaswara Kabupaten Manokwari sendiri sejauh ini telah berkontribusi terhadap pembangunan di daerah melalui program kegiatan sosial dan pembinaan kemasyarakatan nya.

Untuk itu, Bupati berharap kedepannya Ikaswara Kabupaten Manokwari terus meningkatkan sinergitas nya dengan pemerintah Kabupaten dan organisasi kemasyarakatan/stakeholder lainnya, sehingga melalui tatanan kemajemukan yang ada mampu membuat Manokwari lebih berwarna dalam keberagamaan.

“Pemerintah Kabupaten Manokwari menyampaikan apresiasi setinggi – tinggi kepada Tokoh dan Pengurus Ikaswara, dimana dalam prosesinya sejak pelaksanaan Musda hingga pengukuhan badan pengurus periodesasi ini adalah bentuk penghormatan kepada TYME dan juga diri sendiri. Sehingga daripada itu, apa yang telah dilakukan adalah bagian dari melestarikan kesenian kita di mana saja kita berada termasuk tanah ini, Manokwari,” Ucap Bupati Manokwari, Hermus Indou

Tentunya bersama membangun peradaban baru bersama suku lainnya. Sesuai dengan keberadaannya, kebesaran negara Indonesia di Manokwari dapat terjaga baik, karena adanya Suku, Ras dan Budaya yang begitu kental dan tersebar di seluruh pelosok daerah Bangsa Indonesia.

“Kita kaya akan suku, bangsa dan bahasa. Jadi mari kita mengorganisir ini dengan baik, agar bisa mengatur warga masyarakat kita. Saya lihat semua suku – suku di Manokwari sudah bisa saling bergema untuk tetap menyampaikan aspirasi kepada pemerintah sekiranya dapat tersalurkan secara organisatoris,” Ujar Bupati Manokwari

Sesuai motto : Manokwari untuk semua, dan Semua untuk Manokwari. Artinya, Manokwari adalah wadah daerah yang menerima kehadiran suku – suku lainnya bersama membangun Manokwari.

“Biarlah sekali sudah ada di tanah papua, menjadi warga Papua. Itulah keberagamaan yang harmonis. karena melalui menghargai kemajemukan itu maka majunya peradaban disuatu daerah juga sangat menentukan prosesi pembangunan dan kemajuan daerah lebih berkembang dengan baik, bersama suku – suku lainnya. Marinkita jaga kebersamaan dan keberagamaan sebagai sebuah kekayaan dari TUHAN untuk kita semua,” Jelas Bupati

Bupati berharap agar kepada pengurus Ikaswara yang telah dilantik dalam program kerja periodesasinya dapat lebih berkomitmen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya terkait pembinaan kemasyarakatan secara kesenian didalam organisasi atau kerukunan masyarakat.

“Kami komitmen mendukung organisasi kerukunan dan suku suku lainnya, agar tugas tugas pembinaan kemasyarakatan kita menjadi ringan dan dapat terorganisir dengan baik. Sehingga setiap masalah yang timbul, kiranya dapat dideteksi dengan cepat dan tidak melebar hingga menimbulkan putusnya tali persaudaraan. Namun lebih daei itu, dapat menjadi alat perekat kesatuan dan persatuan lestarinya Indonesia di Manokwari, tanah papua,” Cetus Bupati

Sementara itu, Ketua Ikaswara Manokwari, H. Suyanto, kesempatan itu menuturkan bahwa kedepan Ikaswara kabupaten Manokwari, akan terus melaksanakan berbagai kegiatan berkaitan sosial dan kebudayan yang mana tentunya akan bermitra baik dengan Pemerintah Daerah Manokwari.

” Ikaswara dalam program kerjanya ke depan akan membentuk Pemuda Pelajar Ikaswara dan kemudian dari sisi pengembangan kebudayaan dan tata krama kejawanan meski di Manokwari terus bisa ditanamkan sejak dini. Saya selaku Ketua Ikaswara ucapkan terima kasih kepada Panitia penyelenggara, hingga kegiatan pelantikan ini bisa berjalan dengan baik. Ke depan Ikaswara akan terus bermitra baik dengan Pemerintah Manokwari, dan yang mana seiring berjalan tidak terpisahkan dengan suku – suku lainnya yang juga berada dan berdiam di Manokwari,”Ujarnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *