DaerahGarda NusantaraGaya HidupHeadline newsInfo Ekobiez

Ramaikan JFW 2021, Brand dr. RR Milik Insos Biak Ini Tampilkan Busana Yang Punya Cerita Historis

YOGYAKARTA, gardapapua.com — Sama halnya dengan brand busana lainnya, brand dari dr. Roasaline Rumaseuw, M.Kes dengan kode dr.RR juga turut menunjukkan koleksi terbaru mereka, pada ajang fashion bergengsi nasional Jogja Fashion Week (JFW), yang digelar 25 27 November 2021.

Dalam ajang ini para penikmat fashion hingga awak media disuguhkan melihat tren busana terbaru milik insos biak asal tanah papua itu.

Setidaknya dalam ajang tersebut brand dr.RR, menampilkan 8 model busana kekinian dibaluti khas cerita historis ke papuaan, yang dipamerkan pada kesempatan itu.

Perhelatan yang sudah masuk usia 16 tahun tersebut digelar di Paviliun Jogja National Museum (JNM) Bloc Yogyakarta.

Advertorial Rosaline Rumaseuw

JFW 2021 mengusung tajuk thema The New Beginning. Sasarannya untuk mendorong industri kreatif khususnya pada fashion (busana) agar dapat bangkit berkarya dan menciptakan produk- produk berkualitas serta mampu berdaya saing.

Tahun ini JFW bekerjasama dan mendapatkan dukungan dengan berbagai pihak. Diantaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, JNM Block Yogyakarta, Grebeg UMKM dan Bank Indonesia.

JFW juga akan menyasar pelaku industri kreatif di Yogyakarta dan sekitarnya khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM) fashion.

Terkait itu, pemilik Brand Busana (dr.RR) dr. Rosaline Rumaseuw,M.Kes menuturkan sangat bangga atas kesempatan kepadanya melalui event ini. Yang mana didharapkan dapat berdampak pada pemulihan ekonomi pada sektor industri kreatif dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya yang bergerak di bidang fashion (busana), setelah cukup lamanya diterpa wabah pandemic Covid-19 di Indonesia.

” Ada 8 orang moodel baju motif kura – kura dan 1 putri Pinang. dr.RR sengaja menampilkan Putri Pinang Of Papua yg mengangkat kearifan lokal (buah pinang dan siri),”Ujar Rosaline Rumaseuw, Jumat (26/11).

Kata dia, bahwa dibalik busana yang ditampilkannya ada cerita historis dari motif papua yang Kontemporer. Yaitu bermotif hewan kura – kura misalnya, yang bisa di terima oleh semua kalangan. Berbahan katun primas, busana yang ditampilkan oleh brand dr. RR adalah murni desan anak – anak papua yang ingin mau berkembang di dunia Fashion.

“Kali ini benar – benar karya sendiri (model kura – kura Lukis dan Batik dari kain katun primas) designer dr.RR dengan menempatkan motif kura – kura. dimana motif kura – kura dan Motif Pohon Pinang (dari Adik Roni Bertabui ) lalu Anak Beatrix JR yang gambar lalu gambar pola untuk jahit adalah Kk Nelli Mandosir. Jadi ini benar – benar murni dari dr.RR,”Ungkapnya

Baju dengan berbahan warna hitam dan motif kura – kura gold dengan bahan kain katun Primas, menurut Rumaseuw, seraya memberikan bahasa seni dan pesan kasih, perdamaian dari Tanah Papua bagi orang papua dan pesan perdamaian orang papua bagi Indonesia dan dunia.

Kura – kura, Teteruga atau penyu atau Kumep dalam bahasa biak, adalah tangguh dan setia dalam memikul beban berat meeki diterpa badai dan gelombang sampai di pesisir pantai untuk bertelur dan mempersembahkan kehidupan baru.

Dimana ketika badai dan gelombang berlalu maka kakes dalam bahasa biak makanan akan dibagikan untuk bersama bersyukur karena badai dan gelombang sudah dilalui maka ada masa depan cerah.

“Inilah konsep dasar yang kami ciptakan dan hadirkan di JFW 2021. Mengingat pelaksanan JFW ini sempat tertunda pelaksanaannya karena Wabah Pandemi Covid-19. Namun puji TUHAN pada 25 – 27 November 2021, semua bisa terlaksanakan dengan baik, dan brand dr. RR bisa tampil memikau,”Cetusnya

Masih kata dia, cerita historis lainnya adalah pada konsep Pinang, mempunyai Nilai Ekonomi dan Kesuburan.

Pinang selalu di identikan kepada mama – mama papua dalam kekuatan dan juangnya serta ketabahan, kesetiaan walau dipinggir jalan diterpa asap dan debu. namun dari gerai pohon pinang itulah mereka dapat mengais rezeki untuk menghidupkan keluarga dan mencukupi biaya sekolah anak – anak mereka di tanah papua.

” Jadi sepenuhnya yang kami ditampilkan pada Jogya Fashion Week 2021 adalah Motif Pinang dan Penyu atau Teteruga pada kain dengan latar warna Hitam dengan motif Gold dan warna hijau warna pinang bahwa Hitam adalah indentitas dan kekuatan. Karena darisana ada Emas (Gold,red) dan Hijau berlambanga kesuburan karrna ada pohon pinang, sehingga pasti ada kehidupan yang istimewa,”Jelasnya

Sementara itu, peranan putri pinang dari papua menjaga supaya Emas atau kekayaan harus dapat dikelola secara baik bagi anak cucu.

“Malalui Event ini ada ajakan dan spirit bagi semua kaum wanita di indonesia secara khusus di Tanah Papua supaya bisa dan dapat tampil seperti sosok putri pinang dari papua,”Cetusnya

Adapun Produk yang dikembangkan oleh dr. RR adalah busana dengan beragam motif dan jenis mulai dari dress, gaun, kemeja, dan masih banyak lagi dihadirkan dengan mengkaryakan beberapa ciri khas Papua. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *