Bangun Sinergitas Antar Ormas, Kodim 1808 Mansel Juga Gandeng Ormas M1R Salam-Sarane

ORANSBARI, gardapapua.com — Kodim 1808 Manokwari Selatan (Mansel) menggelar Forum Komunikasi Sosial bersama organisasi masyarakat (Ormas) Maluku Satu Rasa (M1R) Salam-Sarane Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Papua Barat, dengan Tema ‘Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa’, Jumat (29/10/2021).

Bertempat di Aula Kodim 1808 Mansel, Forum Komunikasi Sosial bersama Ormas Maluku, dibuka langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) 1808 Mansel, Letkol Inf. Boby Marsusitaning.

Pada kesempatan itu, Marsusitaning mengatakan, bahwa kegiatan komunikasi sosial bertujuan untuk mempererat serta memperkokoh hubungan silaturahmi antara prajurit Kodim 1808 Mansel dengan ormas untuk menciptakan situasi yang baik dan harmonis.

Selain itu, komunikasi sosial juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran bela negara oleh masyarakat pada umumnya dan ormas secara khusus untuk menghubung tugas pokok TNI-AD dalam membantu kesulitan rakyat serta untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut dia, Forum Komunikasi Sosial yang tepat untuk dilaksanakan dalam membangun sinergitas serta memperkokoh hubungan emosional antara Kodim 1808 Mansel dengan komponen masyarakat demi tercapainya tugas dan peran TNI-AD maupun pokok kebijakan dalam bidang teritorial.

Dengan Tema ‘Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa’, tema tersebut sangat relevan dengan kegiatan komunikasi sosial karena merupakan wujud sinergitas TNI-AD dengan komponen masyarakat dalam menghubungkan fungsi teritorial, sehingga terjadi hubungan yang lebih harmonis.

Pada kesempatan yang indah itu, Dandim 1808 Mansel mengajak, Ormas M1R Salam-Sarane dan masyarakat Maluku di Kabupaten Mansel untuk menjadi generasi bangsa yang tangguh untuk berbuat dan memacu masyarakat serta Pemerintah untuk terus bangkit melawan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Sekaligus berperan aktif untuk memberikan pemahaman dan menjadi contoh dalam melaksanakan pengawasan kedisiplinan protokol kesehatan ditengah-tengah masyarakat.

Dirinya berharap, kepada Ormas M1R Salam-Sarane dan seluruh masyarakat Mansel tetap menjaga hubungan yang harmonis dengan TNI-AD khususnya Kodim 1808 Mansel demi meningkatkan persatuan dan kesatuan sekaligus aktif berpartisipasi dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Sementara itu, Ketua DPD M1R Salam-Sarane Provinsi Papua Barat, Roy M. Bormassa, SE, mengatakan, M1R Salam-Sarane merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang berkantor Pusat di Jakarta.

Seiring perkembangan waktu, M1R Salam-Sarane terus melebarkan sayap ke sejumlah Provinsi di Indonesia termasuk di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Khusus untuk Provinsi Papua Barat, M1R Salam-Sarane telah berdiri di Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

Dijelaskan Bormassa, M1R Salam-Sarane bergerak dengan Visi ‘Mewujudkan pemuda-pemudi Maluku Satu Rasa Salam-Sarane yang tangguh, mandiri, terampil, berakhlak dan berkualitas untuk menjaga keutuhan NKRI, serta mempererat tali persaudaraan antara pemuda-pemudi Maluku Satu Rasa Salam-Sarane berdasarkan budaya dan adat istiadat Maluku dalam ikatan persaudaraan pela-gandong.

Melalui kegiatan komunikasi sosial tersebut, dirinya berharap, kiranya dapat membangun sinergitas bersama antara TNI-AD dan dengan Ormas serta masyarat Maluku di Provinsi Papua Barat, lebih khsus Wilayah Kabupaten Mansel, guna bersama-sama menjaga keutuhan NKRI dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat serta memelihara toleransi antar umat beragama. [Tim/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *