DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsLingkungan dan HAM

Urgent !! Pengungsi Kebakaran Borobudur Manokwari Sangat Perlukan Hal Ini, Ayo Berdonasi

MANOKWARI, gardapapua.com –Pasca musibah kebakaran, Pada Kamis (30/9/2021), siang, Pemerintah Daerah melalui sejumlah pihak mulai menginventarisir sejumlah bantuan yang sangat diperlukan (urgent,red) dan dibutuhkan oleh para pengungsi korban kebakaran di Kompleks Borobudur II Pantai, Kelurahan Padarni, Kabupaten Manokwari.

Atas musibah itu, kini warga borobudur tengah mengungsi di sejumlah titik darurat posko pengungsian sementara yang disediakan. Terpantau seperti di Kodim (Brawijaya), sekitar BLK Borobudur, Aula BPI Pasar Ikan sanggeng, dan Masjid Jami Merdeka, Jl. Bandung Borasi, Manokwari.

Lurah Padarni, Rifqi A. Setiyadi saat di konfirmasi gardapapua.com, mengatakan, bahwa sejauh yang telah dilakukannya inventarisir awal, sejumlah kebutuhan pokok sangat di butuhkan oleh korban pengungsi kebaran saat ini.

Di antara yang paling penting adalah susu dan popok bayi. Selain itu kebutuhan dasar yang paling dibutuhkan para pengungsi adalah bantuan makanan, serta obat-obatan untuk anak-anak, dan pakaian layak pakai.

Rifqi lalu membeberkan bahws bantuan awal berupa pakaian sementara hingga dimalam hari, telah ada beberapa sumbangsih kasih dari masyarakat yang bergerak langsung memberikan.

Sehingga diimbaukannya agar para pemberi bantuan nantinya diharapkan dapat lebih fokus menyalurkan bantuannya ke arah yang lebih dibutuhkan. Sehingga diharapkan dapst melalukan koordinasi dengan pihak terkait disetiap Posko pengungsian sementara.

Diberitakan sebelumnya oleh sejumlah media massa, salah satu satu kawasan permukiman padat penduduk, Borobudur, kelurahan Padarni Distrik Manokwari Barat Kabupaten Manokwari Papua Barat di lahap si jago merah, Kamis (30/9/2021) siang, sekitar pukul 11.00 Wit.

Kebakaran hebat ini bukan saja menghanguskan ratusan rumah warga namun juga satu bangunan masjid yakni Masjid Al – Hasanah Borobudur II.

Angin dan struktur rumah warga dari papan membuat api cepat menyebar, hingga dalam proses pemadaman api cukup membuat kewalahan petugas pemadam kebakaran, serta juga dibantu Masyarakat secara Swadaya.

Akibat mebakaran yang menghanguskan sejumlah rumah penduduk ini, mengakibatkan puluhan warga korban kebakaran kehilangan tempat tinggal.

Adapun kebutuhan Urgent yang sangat diperlukan oleh para pengungsi Kebarakan Borobudur – Manokwari antara lain :
1.Bubur sun untuk makanan bayi
2. Bantal
3. Baju bayi
4. Baju anak – anak
5. Susu bayi dan anak
6. Softex (Wanita)
7. Tikar atau alas
8. Dot Bayi
9. Pampers Bayi
10. Sabun Mandi
11. Sabun Bayi
12. Handuk
13. Tas Pakaian
14. Baju / Pakaian Layak Pakai Dewasa (Pria / Wanita)
15. Kelambu Bayi
16. Kasur
17. Sarung Tangan dan Kaki untuk Bayi
18. Wadah Baskom / Gayung
19. Pemanas air / Dispenser
20. Botol galon Air

“Untuk Masyarakat yang ingin mendonasikan langsung ke para pengungsi, agar dapat menghubungi CP.LURAH PADARNI (082198609013). Mari kita membantu sesama kita sesuai dengan apa yang kita bisa dan mereka butuhkan,”Ujar Lurah Padarni, Rifqi A. Setiyadi. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *