DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratUncategorized

Ini Rilis Hasil OpsMansinam dan KYRD Pasca Ops Ketupat Polda Papua Barat

MANOKWARI, gardapapua.com — Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi,S.I.K, M.H. merilis hasil Operasi Ketupat Mansinam 2021 dan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pasca selesainya Operasi Ketupat Mansinam 2021 Polda Papua Barat serta Polres jajaran.

Menurut Kabid Humas, Polda Papua Barat dan Polres jajaran melakukan giat pengaturan dan himbauan di pusat keramaian sebanyak 1.334 kegiatan guna untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Provinsi Papua Barat.

Sebelum Idul Fitri 2021 tim Polda Papua Barat melakukan kegiatan pengecekan ketersediaan bahan pokok di pasar dilakukan sebanyak 143 kegiatan.

“Kegiatan untuk mendukung ketersediaan bahan pokok pada masa pandemi COVID-19 dan pada masa Hari Raya Idul Fitri 2021 masehi/1442 hijriah,”Jelas Kabid Humas Polda Papua Barat, Kamis (3/6/2021).

Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K.,M.H. mengatakan, dalam pelaksanaan operasi Ketupat Mansinam – 2021 dan KRYD pasca selesainya operasi Ketupat Mansinam – 2021 Polda Papua Barat dan polres jajaran melakukan giat pengecekan fasilitas bandara dan pelabuhan sebanyak 142 kegiatan.

“Kegiatan himbauan tidak mudik dilakukan sebanyak 530 kegiatan guna untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di wilayah Provinsi Papua Barat,”Ujar Kabid Humas

Lanjut Adam Erwindi bahwa sesuai data kecelakaan selama operasi Ketupat Mansinam dan giat KYRD dan setelah operasi Ketupat Mansinam tercatat kerugian material akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak Rp.15.000.000.-

“Total jumlah kecelakaan lalu lintas selama kedua kegiatan itu ada 7 lakalantas mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 4 luka berat dan 5 orang luka ringan. Data pelanggaran lalu lintas Polda Papua Barat dan Polres jajaran melakukan teguran sebanyak 2.194 kali dan 10 kali tilang kepada pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas dan yang tidak mematuhi protokol kesehatan,”Kata Erwindi.

Erwindi mengatakan bahwa, untuk kegiatan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) sebagai kegiatan rutin satuan juga melakukan serangkaian kegiatan seperti : kegiatan pengaturan 729 kali, penjagaan 633 kali, pengawalan 70 kali, dan kegiatan patroli sebanyak 1050 kali yang dilakukan oleh unit satuan yang terdiri dari Sabhara, Lalu Lintas, Brimob serta satuan lainnya.

Adam Erwindi juga menjelaskan terkait data hasil rapid test swab antigen pemudik di 19 titik lokasi jumlah yang dites 1826 orang positif 2 orang,negatif 1824 orang.

“Sedangkan data jumlah arus balik pemudik se Papua Barat yang menggunakan angkutan darat 446 orang, angkutan laut 9.121 orang dan yang menggunakan jasa penerbangan atau angkutan udara berjumlah 18.248 orang,”Tambah Erwindi.

Untuk data data gangguan Kamtibmas terdapat 25 kejahatan, 198 pelanggaran 3 gangguan dan 1 bencana.

“Jangan sungkan atau ragu untuk menegur apabila melihat sesuatu yang salah atau keliru karena apabila kita membiarkan hal itu terjadi, maka kesalahan akan menghampiri kita,”Pesan Kabid Humas Polda Papua Barat. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *