Polres Kaimana Launching Aplikasi dari Bahasa Irarutu “Bugwen IRR”

KAIMANA, gardapapua.com — Polres Kaimana menginovasi sebuah aplikasi untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam pelayanan mengurus sejumlah berkas, baik itu pelaporan pengaduan, kepengurusan SIM, maupun kepengurusan SKKB cukup mengunakan HP Android.

Terobosan atau inovasi yang telah dilaunching berasama bersama sama Unsur Forkopimda itu, diam dari bahasa salah satu suku yakni suku Irarutu yang berarti melayani.

Sebelum dilakukan penandatangan lounchin perdana Aplikasi Bugwen IRR, dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wakil Bupati Hasbulllah Furuada yang juga salah satu anak dari suku Irarutu itu, membenarkan bahwa airti dari nama aplikasi itu adalah Melayani.

Menurut Bupati dengan dilaunchingnya apilkasi ini dapat membantu masyarakat secara transparansi, akuntabel serta mempermuda mayarakat guna mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal lagi.

“Bugwen IRR berasal dari bahasa suku Irarutu, yang berarti melayani, dimana terdapat 10 layanan yang dapat digunakan untuk melayani masyrakat secara umum dan online sebagaimana, laporan kehilangan, pengaduan, ijin keramian, pengaduan layanan SKCK baru, SKCK Perpanjangan, hubungi admin, pembayaran online dan SP2 HP online,”Ujarnya

Dengan terciptanya inovasi aplikasi yang dibuat oleh Polres Kaimana, wakil bupati memberikan apresiasi yang tinggi yang diharapkan terciptanya pelayanan prima bagi masyarakat khususnya di wilayah Hukum Polres Kaimana.

” Semoga aplikasi yang kita lounching ini, dapat bermanfaat bagi masyrakat di kabupaten kaimana,”Harapnya

Kapores Kaimaka AKBP Iwan P Manurung, SIK, pun membenarkan bahwa nama dari aplikasi itu diambil dari bahasa daerah suku Irarutu.

“saya memilih bahasa dari suku irararutu, karena saya melihat artinya melayani untuk bekerja bagi masyrakat secara harafia,”Ujarnya

Kapolres menyebutkan bahwa dalam rangka menciptakan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis tekhnologi, telah diluncurkan aplikasi karya yang menggabungkan kearifan lokal dan tekhnologi.

Kapolres Kaimana,AKBP Iwan P Manurung

” Jadi invovasi aplikasi Bugwen IRR ini terdiri dari dua menu pendukung yang didalamnya ada Babin Kamtibmas, disini kami mencantumkan nomor telpon dan foro Babinkamtibmaa dari kota Kaimama sampai ke pulau pulau, dan menu pelayanan masyrakat, ada momor HP penting ini hujannya untuk memudahkan masyarakat. Mulai dari pemdam kebakaran, nomor polres, Polsek semua yang berkaitan dengan pelayanan sudah kami cantumkan dalam aplikasi Bugwen IRR ini,”Terang Kapolres.

Meski masih kabupaten baru, kata Kapolres untuk mempermudah masyrakat telah dibuat Mapp atau peta sehingga lanjut dikatakan meski nanti ada kendala karena jaringan tetapi menurut orang nomor satu di jajaran polres Kaimana perlu diperkenalkan kepada masyrakat, dan juga ada menu pelayanan yang bisa dilihat yakni pengaduan Propam, Ijin Keraimanan, laporan kehilangan, pengaduan pelayanan, SKC Baru, SKCK Perpanjangan, hubungi admin, SIM Online.

” Jadi untuk bapak dan ibu, ini untuk mempermudah, supaya tidak lagi harus datang ke polres dan mengisi data,”Katanya

Khususnya untuk SIM online, lanjut dijelaskan Kapolres, telah terkoneksi dengan Kaur lantas Mabes Polri.

” Jadi kalau kita sudah mendownload aplikasi ini, kita tingggal mengisi dan membuka menu ini, kita tingal mengisi apa apa saja yang diperlukan untuk memenuhi atau melengkapi pembuatan SIM yang saya maksud tadi, jadi Tidak sulit lagi nantinya, jadi semua bisa dilihat, artinya tidak ada dusta diantara kita,”Ujarnya

Pada aplikasi tersebut, lanjut Kapolres, ada juga menu SP2D online yang menghubungkan dengan perkembangan kasus yang ditangani di Polres Kaimana.

” Diaplikasi ini kita bisa melihat dan masyrakat tidak lagi bingun apabila ingin mengecek perkembangan kasus yang dilaporkannya, itu nomor LPnya berapa penyidikan maupun penyelidikannya sampai dimana, dengan aplikasi ini kita buktikan bahwa kabupaten Kaimana Papua Barat bisa bersaing dengan kota kota besar d indonesia,”Jelasnya

Kegiatan yang di akhir dengan penandatangan aplikasi Bugwen IRR ini untuk secara resmi bisa didownload secara umum oleh masyarakat ini, dihadiri para tokoh agama, Tokoh masyrakat, pemuda, perempuan, perwira dan Bintara polres serta para wartawan, berjalan aman lancar. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *