Jelang Idulfitri 1442 H, PLN UIW PPB Siap Amankan Pasokan Listrik

JAYAPURA, gardapapua.com — PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB) siap mengamankan pasokan listrik di wilayah Papua dan Papua Barat menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H nanti. Sebanyak 1.940 personel disiagakan untuk mengamankan dan mengantisipasi adanya gangguan kelistrikan saat perayaan hari raya tersebut.

Sebelumnya, PLN telah melakukan berbagai persiapan dalam rangka menjaga keandalan pasokan listrik sejak sebelum ramadan. Apel Gelar Pasukan dan Peralatan, inspeksi penyulang dan gardu serta penyisiran jaringan dan pemangkasan dahan-dahan pohon yang telah mendekati jaringan listrik telah dilaksanakan.

“Kami juga menyediakan 32 posko siaga dan sejumlah petugas yang tersebar di setiap Unit Layanan Pelanggan (ULP) di Papua dan Papua Barat untuk memastikan pelayanan PLN kepada pelanggan terus berjalan maksimal,”Ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid.

PLN juga melakukan beberapa upaya antisipasi lain dalam menghadapi gangguan. Sebanyak 172 mobile genset, 82 unit gardu bergerak (UGB), dan 17 uninterruptible power supply (UPS) dipersiapkan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan agar pasokan listrik untuk pelanggan tetap aman.

Sementara itu, jumlah daya listrik yang dihasilkan untuk pelanggan di Papua dan Papua Barat terbilang aman. Daya mampu pembangkit saat ini mencapai 628 MW, sementara beban puncak sekitar 304 MW.

Menurut Farid, cadangan daya total sebesar 324 MW dirasa cukup. “Secara keseluruhan, surplus daya di masing-masing daerah rata-rata mencapai 40%,”Tambahnya.

Langkah-langkah dan persiapan yang dilakukan tersebut merupakan upaya PLN untuk memastikan pasokan listrik saat Idulfitri aman. Namun, apabila nantinya terjadi gangguan yang tidak dapat dihindarkan, pelanggan dapat segera melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 agar petugas kami segera menindaklanjuti pengaduan tersebut.

“Kami keluarga besar PLN UIW PPB mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki untuk kita semua,”Tutupnya. [Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *