Pemukulan Tifa dan Pelepasan Balon Hadiah Rp. 10 Juta Oleh Bupati Manokwari, Warnai Aksi Pencanangan HUT Pattimura Ke -204

MANOKWARI, gardapapua.com — Pemukulan Tifa, dan pelepasan Balon berhadiah senilai Rp. 10 Juta Rupiah ke udara, serta penyuaraan semboyan yang berisikan pesan dan makna kehidupan orang basudara maluku oleh Bupati Manokwari Hermus Indou menandai Pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) Pattimura Ke-204, tahun 2021 di Kabupaten Manokwari resmi dilaksanakan.

Kegiatan pencanangan pada Jumat (7/5/2021), Pukul 07.00 Wit bertempat dihalaman kantor Eks Bupati Lama, Manokwari menjadi simbol bahwa pemerintah daerah Manokwari sangat menyanjung dan menghormati setiap perjuangan para pahlawan, leluhur yang telah berjuang mempertahankan kesatuan bangsa dalam perjuangan melawan para penjajah, salah satunya seperti Peringatan HUT Pattimura yang diperingati setiap tanggal 15 Mei, untuk mengenang Jasa Pahlawan Nasional asal Maluku, Thomas Matulessy.

Bupati Manokwari Hermus Indou, saat membuka rangkaian kegiatan menyongsong HUT Pattimura ke 204 di kota Manokwari, sembari menggelorakan kalimat semboyan khas maluku, Ale Rasa Beta Rasa, Sagu Salempeng Patah Dua, Pattimura Muda ‘Lawamena Haulala’, menjadi pertanda jikalau pemerintah saja mau untuk mengenang jasa para pahlawan daerah, asal Maluku, maka Anak – anak Maluku juga harus bisa tahu sejarah, dan menghormati jasa para pahlawannya.

“Jadilah generasi yang tahu sejarah”Ungkap bijak Bupati Hermus Indou

Sembari memberi apresiasi atas semangat Pattimura muda yang ada di kota Manokwari, dalam rangka memupuk kebersamaan melalui berbagai agenda kegiatan dalam menyongsong HUT Pattimura ke 204 tahun, Bupati disela – sela itu, lalu menyampaikan kepada siapapun yang mendapatkan banners berukuran 25cm x 50cm bertulisan HUT Pattimura Ke – 204 yang dilepas bersama Balon ke udara, maka akan mendapatkan Hadiah senilai Rp.10 juta rupiah.

“Pemukulan Tifa, dan pelepasan balon ini menjadi tanda pencanangan HUT Pattimura ke -204 tahun di Manokwari reami dilaksanakan, dan bagi siapapun yang mendapat Banners bertulisan “Hut Pattimura Ke-204 yang telah saya tandai khusus ini, akan berhak mendapatkan hadiah senilai Rp. 10 juta rupiah. Silahkan bawa ke Kantor Bupati, Saya Tunggu,”Ungkap Bupati Hermus

Selain menjadi moment memupuk tali persaudaraan di tanah perantauan, Peringatan HUT Pattimura ke 204 tahun 2021 ini juga harus mampu membentuk jiwa Nasionalisme dan menanamkan nilai-nilai sejarah perjuangan Pattimura dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah Papua, khususnya di Manokwari kota Injil ini.

“Tentu sebagai anak muda dan keluarga Maluku masih tahu dan menghargai sejarah. Semoga dengan semangat Pattimura, dapat membentuk jiwa Nasionalisme, Patriotisme dan semangat perjuangan masyarakat Maluku di Manokwari,”Ucap Hermus Indou.

Sejalan dengan itu, Ketua Panitia Perayaan HUT Pattimura ke 204, Aljabar Makatita mengajak seluruh warga Maluku yang ada di Manokwari untuk bersama mensukseskan ivent bersejarah ini.

Ini kata Makatita, sebagai bentuk respon terhadap sosok pejuang tangguh asal Maluku, yang ikut berjuang dalam membantu kemerdekaan Republik Indonesia kala itu. Sebab perjuangan sang Pattimura, tidak dapat dinilai dengan apapun. Waktu hingga nyawa menjadi taruhannya bersama beberapa rekan kala itu, dalam mengusir penjajah dari tanah Maluku. Oleh sebab itu, sebagai penerus perjuangan Pattimura, harus memberi penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan.

“Warga Maluku yang tidak hadir hari ini, semoga hadir pada kegiatan berikutnya hingga puncak acara nanti. Akan ada bakti sosial di TMP dan Masjid, serta beberapa lomba lainnya,” terang Aljabar.

Sebagai orang muda, Romer Tapilatu mengajak seluruh orang Maluku khususnya kaum muda untuk kembali menyalakan obor Pattimura di tanah Papua, melalui kerja-kerja nyata dalam pembangunan tanah Papua, dan Manokwari secara khusus. Sebab ingat Romer, banyak kontribusi pikiran yang dahulu telah di berikan oleh orang Maluku, namu seiringnya waktu semangat tersebut terkesan melayu.

“Dulu sumbangsih orang Maluku terhadap tanah Papua ini sangat besar, dan kemudian saat ini mulai kendor. Oleh karena itu, pemuda Maluku harus bangkit dan nyalakan obor Pattimura kembali di tanah Papua. Untuk itu, jangan ada cerai berai antara orang Maluku, kalau ada masalah mari kita sama-sama cari solusi,”Ungkap sang Legislator asal Maluku itu.

Sebelumnya, Bupati Manokwari Hermus Indou membuka secara resmi seluruh rangkaian kegiatan dalam menyongsong HUT Pattimura ke 204 di Manokwari dengan menabuh tifa dan melepaskan balon ke udara.

 

Adapun diketahui, berbagai kegiatan Lomba – Lomba akan turut mewarnai HUT Pattimura Ke -204 sebagaimana telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Lomba – lomba tersebut seperti Lomba Goyang Tobelo, Makan Papeda, Lomba Baca Puisi, dan Lomba Gaplek. Untuk lebih jelas, Masyarakat Maluku yang ingin terlibat dapat langsung mendaftar di Sekretariat Panitia yang beralamat di Jl. Pertanian Wosi Dalam (Lorong Depan Kantor Lurah Wosi).

Selain kegiatan lomba, terdapat juga beberapa kegiatan bhakti sosial seperti pembersihan tempat ibadah/Mesjid, Tempat Makam Pahlawan (TMP), dan Jalan Santai sembari pembersihan Kota Manokwari dengan Rute Eks Kantor Bupati Lama – Taman I.Kijne (Sinar Suri) Manokwari, sebagaimana telah dilaskanakan pada Jumat (7/5/2021). [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *