Jumat 7 Mei 2021, Pencanangan Rangkaian Kegiatan HUT Pattimura Ke -204 di Manokwari

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam rangka menyukseskan HUT Pattimura ke -204 tahun 2021, pada Jumat 7 mei 2021, bertempat di Halaman Eks Kantor Bupati (Polda Lama) disebutkan akan menjadi hari pencanangan sebagai tanda dimulainya pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan HUT Pattimura di Manokwari, Provinsi Papua Barat resmi dilaksanakan.

Pencanangan itu akan ditandai dengan sejumlah rangkaian kegiatan seremonial yang dibaluti jalan santai dan pembersihan kota Manokwari, oleh warga maluku yang berada di kota Manokwari.

Aljabar Makatita selaku pengarah dan ketua panitia penyelenggara HUT Pattimura ke -204 tahun 2021, Kamis (6/5/2021) mengatakan, bahwa melalui kegiatan pencanangan tersebut diharapkan menjadi wujud rasa cinta dan bangga akan tanah air sekaligus sebagai bagian sumbangsih dan menjadi pemacu bagi anak – anak maluku di tanah perantauan, untuk terlibat dalam pelaksanaan HUT Pattimura Ke -204 tahun 2021, agar dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

Selain itu, melalui slogan Iris Dikuku Rasa Didaging, Ale Rasa Beta Rasa, Sagu Salempeng Patah Dua, dapat diwujud nyatakan oleh orang maluku meski berada di tanah perantauan untuk tetap bersama terlibat mendukung visi dan misi pemerintah daerah Manokwari, dan Pemerintah Papua Barat dengan pembangunan disegala dimensi yang ada, salah satunya dengan menjaga dan merawat kebersihan tata kota Manokwari, yang adalah rumah bersama.

Diketahui bahwa pencanangan HUT Pattimura ke -204 direncanakan akan dihadiri Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, serta Bupati Manokwari Hermus Indou, serta sejumlah pejabat daerah lainnya, diharapkan menjadi suatu energi positif bahwa suksesnya perayaan HUT Pattimura ke -204 bukan semata – mata mengejar kemeriahan seremonial, namun lebih daripada itu, sebagai penerus bangsa secara khusus kepada orang maluku, agar tetap menyadari tanggungjawab dalam meneruskan perjuangan para pendiri negara (Pahlawan), sekaligus wujud bhakti kepada negara tercinta dengan senantiasa melakukan tindakan-tindakan positif.

“Jadi ada beberapa kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Partimura ke -204 tahun 2021, yang mana diperingati setiap tahun pada 15 mei. Saya ajak dan himbau kepada semua basudara maluku di Manokwari dapat berperan aktif melibatkan diri dalam setiap kegiatan yang telah dicanangkan sebagai harapan mempersatukan anak – anak maluku meski ditanah rantau,”Harap Aljabar Makatita.

Senada, selaku Wakil Ketua Panitia, Pdt. M. Molle menegaskan, bahwa melalui kegiatan HUT Pattimura ke -204, kiranya semakin mempererat tali silaturahmi anak – anak maluku di perantauan, dan memupuk semangat untuk bekerjasama dalam satu tujuan untuk menjaga tali persaudaraan Pela – Gandong (Salam – Sarane) yang telah diwariskan kepada setiap anak – anak Maluku.

“Dengan kegiatan HUT Pattimura ke -204 ini kiranya anak – anak maluku tetap menjaga sikap patriotrisme sebagai anak – anak maluku yang mampu memupuk dan menjaga komitmen tali persaudaraan Salam – Sarane (Muslim – Nasrani,red) sebagaimana pesan para leluhur bagi kita orang maluku meski ditanah rantau dan kita tidak terpecah belah, tetapi memiliki komitmen potong dikuku rasa didaging, makan sagu salempeng patah dua itu harus menjadi nyata dalam kehidupan sehari – hari anak – anak maluku,”Tukasnya

Adapun lomba – lomba dalam memeriahkan HUT Pattimura ke – 204 tahun 2021 antara lain seperti Lomba Baca Puisi, Lomba Makan Papeda, Lomba Gaplek Beregu, dan Lomba Goyang Tobelo Antar Kerukunan Maluku.

Selain daripada itu kegiatan – kegiatan lainnya adalah bakti sosial (pembersihan mesjid dan TMP), Lari Obor dan pelaksanaan kegiatan puncak pada tanggal 29 Mei 2021, mendatang. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *