Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Polda Papua Barat Launching dan Luncurkan Program Ini

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat untuk menuju Polri Yang Presisi, Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat Berinovasi dengan melaunching Samsat Drive Thru, Peluncuran Bus SIM Keliling, dan melaunching Aplikasi E-Siyap Mansinam.

Launching Pelayanan Samsat Drive Thru dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam membayar Perpanjangan Pajak Kendaraan tanpa turun dari kendaraan, cukup membawa KTP/SIM asli, STNK asli, dan kendaraan yang akan dibayar pajaknya.

Bis atau mobil SIM keliling juga diluncurkan untuk mempermudah masyarakat dalam memperpanjang SIM A dan C sebelum masa berlakunya habis, Bis ini akan beroperasi pada daerah-daerah di dalam kota dan luar Kota yang bisa terjangkau menggunakan bis. Dan untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat kepada Pelayanan yang di berikan oleh Petugas Polisi juga pengaduan masyarakat.

Selain itu Direktorat Lalulintas Polda Papua Barat berinovasi membuat Aplikasi E-Siyap yang dapat diunduh melalui Playstore Hp Android.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Drs. Tornagogo Sihombing, S.I.K.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa sejak tahun 2004 reformasi birokrasi dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan menegaskan akan pentingnya penerapan prinsip-prinsip clean government dan good governance yang secara universal diyakini menjadi prinsip yang diperlukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Polri dituntut untuk lebih transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugas pokok yang telah diamanahkan serta selaras dengan program kebijakan yang telah digariskan pemerintah khususnya terkait dengan penerapan reformasi birokrasi sebagaimana tertuang dalam program prioritas Kapolri.

Dimana bahwa baik dan buruknya pelayanan Polri kepada masyarakat di Provinsi Papua Barat berada di tangan Polda Papua Barat.

“Harapan masyarakat saat ini terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik sangat sangatlah besar karena Polri dituntut untuk mampu memberikan pelayanan publik yang semakin cepat mudah murah terjangkau terukur dan transparan. Oleh karena itu Polda Papua Barat berinovasi melakukan upaya dan inovasi di bidang pelayanan publik khususnya di bidang lalu lintas antara lain yang pertama Samsat drive thru Manokwari, kedua pelayanan SIM keliling Polda Papua Barat yang ketiga aplikasi E-Siyap Mansinam Polda Papua Barat yang dapat diakses melalui website milik ditlantas Polda Papua Barat dan diunduh Publik khususnya lalulintas yang berkualitas efektif dan efisien serta mudah dan cepat sesuai dengan semangat reformasi birokrasi nasional yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik Polda Papua Barat,”Ujar Kapolda dalam sambutannya.

Kapolda kesempatan itu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan inovasi pelayanan publik Samsat drive thru, peluncuran mobil keliling dan launching aplikasi siap mansinam Polda Papua Barat.

Gubernur Papua Barat sangat, Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya juga mengapresiasi semua inovasi peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh jajaran Polda Papua Barat.

Hal itu dinilainya akan lebih efisien Waktu dalam membuat SIM atau membayar Pajak kendaraan. ” Terima Kasih kepada Kapolda Papua Barat dan seluruh jajaran juga pimpinan PT. Jasaraharja dan Bank Papua yang telah bersinergi dalam memgembangkan Inovasi pelayanan Kesamsatan ini,”Tukas Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *