Audiensi Dengan Kemendes PDTT, Ini Beberapa Hal Yang Disampaikan DPP M1R

JAKARTA, gardapapua.com — Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menerima kunjungan Audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane yang dipimpin oleh Ketua Umum bung Yopi Patty.

Dalam kesempatan ini Ketua Umum bung Yopi Patty, bersama beberapa perwakilan pengurus pusat M1R, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan waktu yang ada sehingga pihaknya dapat disambut dan diterima dengan baik dan melaksanakan silahturahmi audiensi pada kesempatan tersebut.

Dalam silaturahmi ini rombongan yang dibawa oleh Ketum M1R salam sarane adalah Waketum I, bung Irfan Nahumarury, Sekjen M1R bung Maun Sangadji, Bendum bung Jossy Paays dan lawyer M1R bung Mahfuza, SH.

DPP M1R Salam Sarane Saat Audiensi dengan Kemendes PDTT

Audensi berlangsung sangat baik dan penuh kekeluargaan dengan menyampaikan beberapa program strategis M1R salam sarane yang kedepannya ingin selalu turut terlibat secara aktif mengawal prosoes pembangunan daerah dalam bingkai NKRI.

Kepada Kemendes – PDTT Lembaga kementerian yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi, diharapkan agar mampu menjembatani setiap saran dan masukan dari setiap elemen masyarakat demi kemajuan bangsa indonesia. Salah satunya untuk membangun perkembangan ekonomi Maluku dan Maluku Utara dari sektor Budaya, Pariwisata dan UKM yang ada di Maluku dan Maluku Utara.

Terkait itu, Dr. Ir. Ansar Husen, M.Si dalam arahannya menyampaikan rasa bangga atas sikap dan pemikiran Pimpinan dan jajaran M1R Pusat dalam upaya mendorong perkembangan dan perluasan sumber-sumber ekonomi baru guna meningkatkan perekonomian rakyat di Maluku dan Maluku Utara.

Gagasan dan landasan pemikiran seperti ini, dipandanga harus selalu di sosialisasikan ke masyarakat Maluku dan Maluku Utara. Tentu tujuannya untuk merubah paradigma kultur dan budaya masyarakat di Maluku dan Maluku Utara dalam menyongsong perubahan ekonomi global yang saat ini terjadi.

“Contohnya model transaksi digital, dimana sudah menjadi kebutuhan dalam menjalankan usaha saat ini,”Pesan Dr. Ir. Ansar Husen, M.Si, di ruang kerjanya pada hari rabu tanggal 24 Maret 2021.

Sementara itu, Ketum M1R Bung Yopi Patty dalam uraian program kerja M1R dalam kesempatan itu juga banyak menyampaikan pesan moral terkait keseimbangan dan rasa keadilan dalam pemerataan pembangunan di daerah-daerah tertinggal khususnya pada wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Menurutnya, banyak sumber ekonomi SDA, namun pemanfaatan dan pengelolaan sumber-sumber ekonomi ini belum mampu mendongkrak kebutuhan ekonomi masyarakat di Maluku dan Maluku Utara.

Diharapkan melalui keselarasan program pembangunan kawasan perdesaan pada lingkup Pemerintah Pusat ketingkat daerah, dapat menjadi sarana keterbukaan dari desa tersebut untuk menerima peran atau partisipasi dari lembaga-lembaga lain guna memberikan multiplier effect yang mampu menciptakan peningkatan produktivitas perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Oleh Sekjen DPP M1R, Maun Sangadji menambahakn, bahwa sangat wajib sebagai sesama anak bangsa bergotong royong mendorong dan mengedukasi generasi muda untuk menjadi entrepreneur yang berani melihat peluang dan membuka lapangan pekerjaan baru yaitu UKM dan Pariwisata di Maluku dan Maluku Utara.

“Dan mendorong pemerintah daerah membangun infrastruktur yang mendukung UKM, perluasan festival budaya dan peluang Pariwisata di Maluku dan Maluku Utara,”Papar Maun Sangadji

Contoh lain, disebutkannya, adalah simbol Kota Musik Dunia dan Lumbung Ikan belum mampu mendorong peningkatan ekonomi rakyat Maluku karena hanya sebagai simbol dan belum mampu berkarya secara konkrit mengangkat perekonomian daerah.

“Sebabnya hanya satu adalah ekskusi atas peluang ini belum dilakukan secara maksimal karena keterbatasan infrastruktur dan anggaran, padahal potensi sumber-sumber ekonomi di daerah kita ini rahmat Tuhan yang tidak ada duanya,”Tutup sekjen Bung Maun Sangadji.

Senada I Bung Irfan Nahumarury M1R, dalam penyampaiannya juga mengharapkan agar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dapat terus menggandeng Kemitraan dengan Lembaga Swasta dan Organisasi Kemasyarakatan untuk turut mendorong produktivitas ekonomi perdesaan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) perdesaan.

Sehingga untuk mencapai itu sekiranya Kemendes – PDTT dapat bersinergi secara konkrit dan berkesinambungan dengan berbagai program yang sudah ada.

“Kemudian agar Kolaborasi ini dengan Kemendesa PDTT sehingga seiring selaras dalam membangun daerah-daerah tertinggal yang ada di Maluku dan Maluku Utara. Salah satunya melalui Ormas M1R salam sarane ini. Kami ingin menjadikan katong semua anak Maluku dan Maluku Utara sadar akan kekayaan alam yang luar biasa sebagai anugerah Tuhan yang maha esa sehingga wajib menangkap setiap peluang sekecil apapun membangun negeri,”Harapnya

Mengakhiri percakapan dan Audiensi dengan Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal – Kemendesa PDTT di lantai 5 Gedung Utama, Ketum dan pengurus DPP M1R lalu berfoto bersama. [*/Red]

Editor : Ian Molle/Kairupan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *