Satgas Covid-19 R4, Sosialisasi dan Pengukuran Suhu Warga Kampung Selpele

WAISAI, gardapapua.com — Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Raja Ampat, berangkat menuju kampung Selpele, Distrik Waigeo Barat. Tim melakukan sosialisasi Covid-19, upaya pencegahan, pembagian masker dan cara pemakaiannya, serta pemeriksaan Kesehatan, berupa pengecekan suhu tubuh.

Kehadiran Tim Satgas Kabupaten juga dalam rangka klarifikasi informasi, di mana sebelumnya sempat beredar berita hoax , salah satu warga Kampung Selpele positif Covid-19. Informasi ini sempat menimbulkan kepanikan dan polemik di tengah masyarakat.

Di hadapan warga, dr Agnes, (dr. Puskesmas Waisai) yang juga Tim Satgas Covid Kabupaten, minta agar warga tidak panik dan bijak dalam menanggapi informasi atau isu yang berkembang, tidak memberikan stigma negative terhadap Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Pengawasan. Selain itu, jika ada warga memiliki keluhan kesehatan dapat melapor ke Tim Medis.

“Masyarakat Selpele harap sangat bijak menerima informasi yang berkembang. Di mana di sini dinyatakan positif itu ada butuh proses. Kemarin itu positif pemeriksaan Rapid, apa itu Rapid, Rapid itu mendeteksi daya tahan tubuh seseorang, kekebalan tubuh seseorang, jadi belum positif Corona. Kenapa dilakukan Rapid Test, itu ada prosedur dari tindakan apabila seseorang sudah masuk ke RS dan akan melakukan operasi sesar, prosedur atau SOP RS untuk melakukan Rapid Test, untuk kita mengetahui lebih awal, mencegah lebih awal, tapi kita belum bisa menyatakan bahwa ibu itu adalah positif Corona” terang Agnes.

Ia menambahkan kondisi pasien yang saat ini dalam pengawasan dalam kondisi baik dan sehat.

Tim juga meminta peran aktif semua elemen masyarakat, khususnya dalam meningkatkan pola hidup bersih, dan sehat, tidak melakukan perjalanan ke daerah zona merah. Sebab pencegahan Corona, tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah atau Tim Satgas saja, tetapi tugas semua elemen masyarakat. [Rls/Humas R4]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *