Salam Awas !! Ini Langkah Komitmen Bawaslu Manokwari Sikapi Pemilukada 2020

MANOKWARI, gardapapua.com — Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) adalah milik seluruh rakyat, secara khusus pada daerah – daerah yang menyelenggarakannnya secara serentak ditahun 2020 bulan september mendatang.

Terkait akan itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Syors Prawar, Selasa (25/2/2020) mengatakan, tentu dalam meminimalisir segala potensi kerawanan pemilu lahir dari kesadaran masyarakat.

” Khusus kabupaten Manokwari, yang menjadi evaluasi kami bawaslu sudah terjangkau bagi kami bawaslu sejak pelaksanaan pileg dan pilpres 2019. Karena berbicara indeks kerawanan pemilu standar ukuran kaca mata Jakarta, tetapi strategi bawaslu manokwari adalah bagaimana potensi kerawanan dicegah dengan lahir dari kesadaran kita, masyarakat dan stake holder lainnya untuk membuktikan bahwa papua ini tanah damai, manokwarikota injil. nilai – nilai ini yang menjadi tolak ukur untuk kita bawaslu dan semua masyarakat kota manokwari harus sadari hal ini,”Tutur Syor Prawar.

Oleh karena itu, partisipasi rakyat menjadi bagian penting bagi terciptanya pemilu yang demokratis dan berkualitas.

“Maka Bawaslu mengajak rakyat untuk terlibat mengawasi Pemilukada ini,”Sambungnya

Sebab, keadilan pemilu dapat diwujudkan dengan sistem pengawasan yang optimal dan penegakan hukum tanpa pandang bulu.

” Langkah – langkah ini yang menjadi tujuan kita adalah sosialisasi kesadaran untuk masyarakat. Dimana Bawaslu telah dalam beberapa kali kesempatan sudah berupaya melakukan sosialisasi dan Rakoor bersama masyarakat di kampung, dan stake holder lainnya,”Bebernya

Kedepan, agar proses pendidikan politik khusus bagi Orang Asli Papua (OAP) dengan tujuan baik dapat menjadi kaca mata nasional, dan melihat bahwa Papua juga menjadi contoh ukuran keberhasilan perpolitikan yang dinamis dan demokratis.

“Bagi kami bawaslu subtansi pencegahan tetap kita lakukan sampai ke ujung akar rumput. kemarin pileg banyak orang beranggapan bahwa potensi konflik, rawan dan lainnya akan terjadi, tetapi kami berusaha untuk membangun komunikasi emosional dan koordinasi dlm pencegahan, Salam Awas..!! manokwari aman,”Tukasnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *