Peringatan Harkonas 2019, Ayo Bijak Menjadi Konsumen, Cerahkan Masa Depan

MANOKWARI, gardapapua.com – Momentum puncak Perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2019, berupaya mendorong Pemerintah Papua Barat meningkatkan angka Indeks Keberdayaan Konsumen.

Seyogianya, pemahaman masyarakat luas di Papua Barat, ketika di posisi sebagai konsumen, memahami baik mengenai hak dan kewajibannya.

Sehingga apa yang sering terjadi ketika konsumen kerap menjadi pihak yang lemah, mampu memperjuangkan kepentingannya memilih atau menggunakan suatu produk barang jasa.

Demikian di harapkan Gubernur Papua Barat Drs D. Mandacan melalui Asisten III Bapak Yap Raimond saat membacakan sambutan gubernur dalam puncak peringatan peringatan Hari Konsumen Nasional Harkonas (2019), Selasa (23/4/2019), bertempat di halaman kantor disperindag papua barat.

” Dalam harkonas 2019 ini, sebagai masyarakat dan konsumen di daerah tentunya harus mampu meningkatkan mutu pemahaman pengetahuan dalam membedakan suatu produk yang aman dan berbahaya bagi kesehatan saat ingin mengkonsumsinya,”Ucap Asisten III Setda Bpk Yap Raimond, dalam sambutannya.

Istimewa/Nett

Kesempatan ini juga, adalah sebagai penyelamatan generasi bangsa kedepan. sehingga pemerintah daerah provinsi Papua Barat mengajak semua pihak jajaran, baik Pemerintah daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan seluruh elemen masyarakat untuk berusaha dan bekerja keras sesuai tugas dan fungsinya masing – masing demi membebaskan dan menyelamatkan semua.

” Seperti contoh mari kita selamatkan masa depan anak cucu kita dari HIV/Aids, Narkotika dan Obat – obat terlarang termasuk lem Aibon dan barang terlarang lainnya,”Ajaknya

Juga bahwa kepada seluruh komponen masyarakat, Tokoh pemuda, Tokoh Agama, Pelajar dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lintas sektoral untuk terus menggencarkan semangat pengendalian peredaran minuman beralkohol (Minol) di Papua Barat, agar konsumen terutama generasi muda tidak terbawa kebiasaan mengkonsumsi minol yang berdampak negatif bagi masa depan mereka.

” Pada kesempatan baik ini pula saya mengucapkan terima kash atas prestasi yang diberikan oleh dinas perindustrian dan perdagangan yang mendapat peringkat terbaik kedua sebagai provinsi perlindungan Konsumen,”Imbuhnya

Selain itu, sebagai masyarakat dan konsumen tentunya mampu menjalankan kontrol publiknya sebagai konsumen untuk bahu – membahu mengingatkan sesama, menjadi konsumen yang berdaya.

” Saya ingatkan dan ajak sebagai konsumen mari kita mengedepankan hak dan pemahaman kita terhadap penggunaan barang dan jasa yang akan kita konsumsi, “Pesannya mengingatkan

Dengan demikian, sangat diharapkan peran serta lintas sektoral yang mempunyai domain tentang pengawasan barang beredar, jasa dan produk makanan dan minuman di daerah ini, dapat terkontrol alurnya dengan baik guna meminimalisir angka negatif jika mengkonsumsi suatu produk atau barang jasa yang menimbulkan dampak negatif. [Ian/Red]

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *