DaerahPolitik

Kaum Hawa di Morotai 17 April 2019, Diingatkan Jangan Lupa Awasi dan Nyoblos

MOROTAI, gardapapua.com — Kaum hawa (perempuan) di Kabupaten Pulai Morotai, Provinsi Maluku Utara diingatkan dapat terlibat langsung menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019.

Hal ini disampaikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai, saat menggelar sosialisasi pemilu 2019 bertajuk peran perempuan dalam pengawasan pemilihan umum 2019.

Kegiatan yang yang menyasar para kaum hawa untuk mengawasi pemilu itu, digelar di gedung pertemuan Hotel Perdana, Minggu (31/3/2019).

Kordiv Hukum dan Penindakan Seni Soamole Bawaslu Morotai dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengawasan partisipatif pemilu, dengan mengajak kaum hawa ikut andil dalam pengawasan pemilu. Selain itu jangan lupa untuk kaum hawa ini mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan Hak pilihnya yakni dengan mencoblos.

“Kita juga mengajak para kaum perempuan seperti ibu-ibu ini untuk ikut mengawasi pemilu. Karena informasi yang lengkap itu bukan hanya pada laki-laki tetapi perempuan juga. Ini juga merupakan salah satu kesetaraan gender,” kata Seni saat ditemui usai kegiatan.

Menurutnya, Perempuan yang cerdas itu perempuan yang memilih berdasarkan hati nurani bukan paksanaan dari suaminya. Dan perempuan yang cerdasa itu ketika melihat pelanggaran dapat melaporkan ke Bawaslu secara berjenjang.

“Itulah yang menjadi inti dari sosialisasi yang kami laksanakan ini,” ujarnya.

Seni juga berharap, perempuan juga bisa menjadi tonggak dalam mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam pemilihan nanti.

“Ajak keluarga, kerabat dan tetangga untuk ikut, itu lah yang paling penting yang kita tekankan dalam sosialisasi tadi. Tahun kemarin kan, partisipasi kaum perempuan sangat minim, maka tahun ini Bawaslu menjadikan itu sebagai salah satu dari tujuh program Bawaslu RI yang harus di dorong. Agar kedepan partisipatif perempuan bisa lebih ditingkatkan,”Pungkasnya. [Red/Oje]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *