Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsUncategorized

Koalisi Delapan Dorong Sosok Purwanto dalam Pilkada Manokwari 2024 ?

MANOKWARI, gardapapua.com — Suhu politik menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua Barat, dan Pemilukada Manokwari kian hangat. Sejumlah tokoh politik mulai dijajaki dalam proses keterbukaan menjaring aspirasi dan membangun komunikasi Politik. Sejumlah partai politik (parpol) juga mulai menatap pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Teranyar, para pimpinan delapan (8) partai politik (parpol) koalisi menang Papua Barat, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), pasca terangkum didalam satu kekuatan visi – misi, mulai matang menggerakan mesin partai untuk mulai matang menyiapkan kader – kader mumpuni untuk diusung sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) atau Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Periode 2024 – 2029 Manokwari.

Menyikapi hal tersebut, Selaku koordinator dan juga Ketua Partai Garuda Papua Barat, Harton Tapilatu mengatakan, bahwa tujuan 8 Partai Politik (Parpol) tentu adalah sebagai wadah dalam menyiapkan pilkada serentak dalam komunikasi – komunikasi politik, juga kaderisasi dan edukasi politik ke publik.

Harton lalu membeberkan bahwa walau masih bersifat dinamis, namun dari beberapa pertimbangan dan nasionalisme demokrasi di Manokwari, koalisi Delapan (8) juga akan mendorong sosok Ketua DPW PSI Papua Barat, Purwanto, S.H.,M.Kn untuk nantinya bisa diusung sebagai Bacalon Cawabup dalam perhelatan Pilkada Manokwari 2024.

Bukan tanpa alasan koalisi delapan mengusung Purwanto untuk menjadi figur dalam pencalonan cakada tersebut. Menurut, Harton, sosok Purwanto dinilai sebagai figur politisi muda yang idealis.

Menurutnya, peluang politisi muda seperti Purwanto, menjadi pemimpin di Manokwari mungkin saja terjadi. Melihat secara demografi, Manokwari merupakan ibukota Provinsi Papua Barat yang majemuk.

Selain itu secara kualitas literasi anak muda di khususnya di Manokwari lebih melek dalam hal politik, dan tinggal bagaimana mekanisme dari partai untuk meraup simpati dari para milenial itu. Seperti diketahui, pada tahun 2024 ini pemilih pada Pemilu tercatat berasal dari Generasi Z dan Milenial sebesar (55% – 60%).

Untuk itu, generasi muda di Manokwari secara khusus diharapkan penting tak hanya mengenali, mendalami, memeriksa visi dan misi serta program yang ditawarkan peserta pemilu, termasuk partai politik, tetapi juga membantu KPU dalam proses pelaksanaan Pemilukada 2024 ini bisa berjalan dan terlaksanakan sesuai jadwal serta tahapannya.

“Selain itu kami dalam koalisi Parpol 8 ini, Partai PSI dan Partai Buruh berhasil meraih kursi dalam perhelatan pemilu pileg DPRD tingkat kabupaten Manokwari kemarin,”Ucap Harton Tapilatu

Senada akan itu, Sekretaris DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Donald Edison Baransano membenarkan, rencana pihaknya akan ambil posisi mengusung Calon Kandidat Bupati atau bahkan Calon Wakil Bupati dalam perhelatan Pilkada 2024 Manokwari. Terkait koalisi 8 ditingkat provinsi ini juga sudah dibicarakan secara internal.

Edison mengatakan, sudah ada bentuk dukungan bahwa dalam kontestasi pemilihan pilkada Manokwari, PSI harus bisa mengusung kadernya masuk dalam kategori cakada baik Cabup dan Cawabup dalam Pilkada Manokwari.

“Kami PSI sendiri dan juga melalui dukungan yang telah diberikan oleh koalisi 8 menyatakan sikap politik mendorong kadernya yaitu Purwanto untuk maju dalam Pemilukada 2024 Manokwari. Soal berpasangan dengan siapa, sementara koalisi 8 ini sedang dalam masa dan proses penjajakan bakal calon lainnya,”Tuturnya

Edison juga membeberkan, bahwa Koalisi 8 telah bergerak cepat membangun komunikasi politik dengan beberapa figur – figur politisi di daerah salah satunya sosok Hermus Indou, yang kini juga sebagai Bupati aktif Manokwari.

“Intinya kami PSI telah memberikan dan juga mendapat sinyal positif rencana koalisi menuju Pilkada Manokwari 2024,”Tuturnya.

Terpisah, Ketua DPW PSI Papua Barat, Purwanto,S.H.,M.Kn kala dikonfirmasi gardapapua.com menanggapi hal tersebut menuturkan, bahwa apa yang ditujukan kepadanya dipandang sebagai bentuk dukungan dan harapan yang lahir dari bentuk jalinan komunikasi politik.

Purwanto lalu mengakui, bahwa selain sejumlah koalisi parpol, dia juga telah mendapat restu dari sejumlah tokoh masyarakat, dan kelompok organisasi kepemudaan.

“Dukungan kelompok masyarakat dan organisasi kepemudaan bahkan akademisi sudah beberapa kali memberikan masukan dan harapan saya bisa untuk ikut kontestasi politik di Pemilukada Manokwari tahun ini. Namun tentu semua masih dalam proses penjajakan. Intinya saya mohon doa restu dari semua kalangan untuk menerima aspirasi masyarakat. Dengan harapan, bisa bersama – sama membangun Manokwari lagi yang lebih baik,”Tukas Purwanto. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *