DaerahGarda ManokwariHeadline newsLingkungan dan HAMRegional

TP-PKK Manokwari Galakkan Gertam Cabai di Kampung Udapi Hilir

MANOKWARI, gardapapua.com — Dalam rangka peringatan Hari Kesatuan dan Gerak PKK ke – 52 Tahun 2024 secara nasional, serta Gerakan menanam cabai, Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari melaksanakan kegiatan Gerakan Tanam Cabai secara serentak di Kebun Dasawisma Rukun Bersama, Jalur 7, SP IV, Kampung Udapi Hilir, Distrik Aimasi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Dalam kunjungan tersebut, TP PKK Manokwari didampingi langsung Pj. Ketua PKK- Papua Barat didampingi oleh instansi teknis terkait dan juga disaksikan Bupati Manokwari, Hermus Indou. Juga dihadiri Sekda Manokwari, para asisten kepala distrik, pimpinan organisasi wanita dan pengurus PKK hingga dasawisma.

Diketahui Penanaman cabai ini merupakan implementasi program PKK pusat ke daerah yang di lakukan secara serentak se-Indonesia yang bertujuan dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan mengendalikan inflasi secara merata.

Ketua TP-PKK Manokwari Ny. Febelina Indou, dalam laporannya menyampaikan, bahwa ada 1000 bibit yang di tanam, di kebun dasawisma rukun bersama dan kebun dasawisma lainnya.

Dalam laporannya Ny. Febelina Indou, juga menyampaikan bahwa cabe merupakan salah satu komoditas penting dalam menyediakan kebutuhan pangan masyarakat, oleh karena program tanam cabe serentak diharapkan dapat meningkatkan produksi cabe secara keseluruhan untuk memenuhi permintaan pasar lokal maupun nasional.

Demikian hal ini, dalam rangka mendukung peningkatan produksi cabai melalui, gerakan tanam cabai serentak dapat membantu diserfikasi pangan lokal dan meningkatkan ketahanan pangan di tingkat lokal daerah.

“ Gerakan tanam cabai juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani dengan skala produksi yang lebih besar dan akses yang lebih baik ke pasar. diharapkan pula melalui gerakan tanam cabai, petani akan mendapatkan hasil yang lebih baik, produksi cabai yang konsisten dan stabil dapat membantu mengendalikan fluktuasi harga di pasar,” Ucap Ketua TP-PKK Manokwari Ny. Febelina Indou.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Papua Barat, Ny. Sini Mardiah Temonggmere, di kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa Gerakan Tanam Cabai merupakan program PKK pusat dalam rangka hari kesatuan gerak PKK ke – 52 tahun yang di lakukan secara menyeluruh oleh PKK hingga daerah.

Gerakan tanam cabai dilakukan secara bersama, karena diharapkan melalui program ini dapat tercipta kemandirian pemenuhan kebutuhan cabai di tingkat rumah tangga, mengingat cabai merupakan tanaman hortikultura yang dapat di konsumsi dan memiliki nilai ekonomis.

Sebagai program dan arahan Nasional maka selaku Ketua TP – PKK Papua Barat, Ia berharap dengan langkah setiap anggota PKK di setiap tingkatan atau daerah, bisa turut bersama mendukung program menggalakkan gerakan menanam cabai, minimal 5 pohon di pekarangan rumah.

Bupati Manokwari, Hrmus Indou selaku pembina TP-PKK dalam sambutannya turut mengapresiasi program – program kegiatan PKK baik Provinsi maupun di Kabupaten Manokwari yang terus bersinergi dalam mewujudkan program pembinaan yang bermanfaat serta bertujuan meningkatkan kesejahteraan daerah.

Dalam wujudkan gerakan tanam cabai di hari ini sebagai bagian dari program PKK di momentum HKG ke 52, tentu memiliki tujuan yang sangat strategis.

“ Yang paling penting ialah ingin membangun ketahanan pangan daerah, yang di mulai dari ketahanan pangan rumah tangga,“Ungkap Bupati Hermus Indou.

Dalam rangka membangun ketahanan pangan daerah dan juga keluarga maka, Bupati Hermus juga mengharapkan setiap lahan atau pekarangan rumah harus produktif dimaksimalkan.

Di harapkan melalui gerakan tanam cabai oleh PKK di kebun dasawisma rukun bersama dapat menjadi inspirasi dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan masing masing. [AN/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *