AdvertorialGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsNasionalUncategorized

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Puncak Perayaan Hari Pers Nasional 2024

JAKARTA, gardapapua.com — Puncak Hari Pers Nasional (HPN) sudah sangat lumrah diperingati setiap tanggal 9 Februari setiap tahunnya. Namun di tahun 2024, puncak Hari Pers Nasional ke-78, akan dilaksanakan di DKI Jakarta. Bukan tanpa sebab dipilihnya tanggal 20 Februari 2024 sebagai hari puncak perayaan HPN kali ini.

Demikian karena besarnya peran pers dan menghargai pelaksanaan pesta demokrasi, yang mana sebagai pilar keempat bangsa Pers, turut mengawal gelaran Pesta Demokrasi pemilu serentak yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, kemudian pemilihan anggota legislatif baik pada tingkat DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, serta DPD-RI, pada tanggal 14 Februari 2024.

Sebagai informasi, Hari Pers Nasional tahun 2024 bertema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Tema ini dipilih tentu dalam rangka pesta demokrasi dalam suasana pemilu 2024.

Hal ini dimaksudkan agar insan pers tetap menjaga keutuhan bangsa di tengah kegaduhan situasi politik yang terjadi.

Hari Pers Nasional berangkat dari terbentuknya PWI. Keputusan ini kemudian ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985. PWI merupakan organisasi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta.

Terkait itu, dalam siaran pers yang diterima menyebutkan, bahwa Presiden Joko Widodo akan hadir pada puncak HPN 2024 di Ancol, DKI Jakarta. Oleh karena itu, Presiden Jokowi hingga saat ini belum memberikan ucapan selamat HPN di tahun 2024.

Demikian diungkapkan oleh, (Pj) Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey T Mahmuddin, yang juga Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Pers Kementerian Sekretariat Negara, pada sabtu (10/2/2024), saat di Bandung, Jawa Barat.

”Presiden Jokowi biasanya langsung memberikan ucapan selamat HPN kepada insan pers di acara puncak HPN setiap tahunnya walaupun di daerah,”Terangnya

Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang biasanya diperingati setiap 9 Februari setiap tahun juga diundur menjadi Selasa (20/2/2024). Acara bagi kalangan dan insan pers juga akan digelar di Ancol, Jakarta Utara.

Bey kemudian memberikan contoh puncak HPN di daerah ataupun di Jakarta yang selalu dihadiri Presiden Jokowi. ”Tahun lalu, 2023, di Medan, Sumatera Utara, tahun sebelumnya di Kendari, dan Presiden daring dari Istana Bogor karena kebetulan acara Presiden padat sekali waktu itu. Lalu, tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, dan tahun 2020 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Disebutkan juga, bahwa dipuncak pelaksanaan HPN 2024 menjadi momentum bagi sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) akan menyampaikan apresiasi atas peran insan pers nasional bagi bangsa dan negara. Para insan Pers dari seluruh perwakilan daerah se-Indonesia juga akan terlibat langsung mengikuti rangkaian acara hajatan nasional tersebut.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia Hendry Ch Bangun membenarkan pernyataan Bey. ”Kami sudah datang menemui dan mengantar surat undangan langsung ke Pak Pratikno, Menteri Sekretariat Negara. Karena Pemilu 2024, puncak peringatan HPN kami tunda ke tanggal 20 Februari. Sekarang, kan, kita semua lagi fokus dan konsentrasi menyukseskan pemilu 14 Februari,”Kata Hendry.

Meski puncak perayaannya baru pekan depan, menurut Hendry, tepat pada Jumat (9/2/2024), PWI, Dewan Pers, dan kalangan pers memperingati ulang tahun PWI dengan ucapan syukur dan tumpengan sederhana. PWI mengundang Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

 Klik Tautan dibawah ini Untuk melihat runutan jadwal pelaksanaan Puncak HPN 2024 di DKI Jakarta :

Linimasa-Kegiatan-HPN-2024-DKI-Jakarta

[*/Rls]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *