DaerahGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsInfo EkobiezNasional

Setian Resmi dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BI Papua Barat, Ini Harapan dua Gubernur

MANOKWARI, gardapapua.com — Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, resmi mengukuhkan setian sebagai kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat menggantikan Rommy Sariu Tamawiwy.

Upacara pengukuhan kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat ini dilaksanakan bertempat di Aula gedung PKK Papua Barat, Arfai, pada Kamis (18/1/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P, serta diantaranya unsur Forkopimda Papua Barat, dan Mitra swasta serta BUMN.

Mengawali sambutannya, Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P, menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Papua Barat mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi- tingginya kepada Rommy Sariu Tamawiwy, atas pengabdian dan kerja sama yang baik selama menjabat Kepala Perwakilan BI Perwakilan Papua Barat. Juga mengucapkan selamat kepada Setian yang telah dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BI Papua Barat.

Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere (ABT) lalu berharap BI semakin meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah, terlibat aktif dalam membentuk kebijakan ekonomi didaerah, pemberdayaan UMKM, serta utamanya dalam mengendalikan inflasi di Bumi Kasuari, Papua Barat.

“Kita juga harapannya papua barat dapat terjaga pengendalian inflasinya, dan pertumbuhan ekonominya bisa tumbuh tinggi secara sehat, keamanan daerah dapat stabil, dan ketahanan ekonomi kerakyatan bisa berjalan, kemudian harapannya juga pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan baik, dan semoga kedepan doanya, kita juga bisa mendapatkan pemimpin yang amanah serta bisa mewujudkan inflasi terus menurun,”Harap Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere (ABT).

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam amanah sambutannya menuturkan, bahwasannya sebagai Pemimpin tidak bisa bekerja dan berjalan sendiri. Sehingga penting membangun sinergitas yang baik dengan berbagai pihak secara aturan dan ketentuan.

“Semoga Setian pesannya bisa meningkatkan apa yang telah laksanakan oleh Rommy. Perlu diingat jadi kepala atau pemimpin itu harus bisa merangkul dan bisa melayani rakyat. Karena itulah yang saya harapkan, dan semoga ditangan Setian itu bisa dilakukan secara berjenjang,”Pesannya

Sebagaimana diketahui Bank Indonesia daerah hadir untuk dapat turut membantu dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam mencapai terciptanya pertumbuhan ekonomi berkesinambungan yang didukung oleh inflasi yang rendah dan stabil.

Dimana upaya ekstra Bank Indonesia di daerah di antaranya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Papua Barat serta Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI), yang telah diimplementasikan di Papua Barat pada 2023. Dalam programnya, Bank Indonesia khususnya di Tanah Papua terus mendorong laju perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui sektor UMKM. Selain itu, upaya pengendalian inflasi juga mencakup kerja sama pelaksanaan pasar murah dan sidak pasar yang dilaksanakan secara rutin di seluruh wilayah Papua Barat.

Hal ini tentunya sebagai bentuk mendorong pencapaian inflasi yang baik. Sebagaimana diketahui, bahwa dari gabungan kota Papua Barat, Inflasi daerah masih dalam bentuk relatif terkendali dan masih berada pada rentang target nasional. Tentu hal ini tidak terlepas dari sinergi serta kolaborasi yang terjaga antar anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua Barat.

Tercatat, pada bulan Desember 2023, inflasi gabungan Papua Barat sebesar 2,94%(yoy). Tingkat inflasi gabungan kota Papua Barat tercatat berada pada rentang sasarannasional yang sebesar 3±1%. Pada periode yang sama, Kota Sorong juga tercatat sebagai Kota dengan inflasi IHK terendah nasional dari 90 IHK.

Di sisi lain, Bank Indonesia juga mendorong perekonomian daerah sehingga daya beli masyarakat dapat terus berkembang. Dorongan ekonomi tersebut dilakukan melalui upaya – upaya pengembangan UMKM lokal dengan sistem klaster, yaitu dengan pemberian bantuan dan dukungan non-material seperti pendampingan pengurusanusaha serta sertifikasi halal, pelatihan penulisan laporan keuangan, serta berbagai upaya yang diharapkan dapat direplikasi lebih dan menjadi standar baru UMKM. Salah satu program unggulan BI Papua Barat adalah program Kasuari yang mendorong UMKM di Papua Barat untuk dapat kelas menjadi pemain global.

” Saya berharap di era kepemimpinan Saudara Setian, selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat yang baru, dapat terus menghasilkan program-program pendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang inovatif dan kolaboratif, serta berkoordinasi dalam pengendalian inflasi secara efektif dan efisien melalui kerangka 4K, yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif,”Ucap Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Sebagai penutup, saya mengucapkan selamat kepada Saudara Setian yang telah dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa meridhoi upaya kita bersama dalam mendorong kemajuan perekonomian serta menjaga stabilitas inflasi Indonesia, khususnya di Tanah Papua tercintai ini,”Tutupnya menambahkan. [Ian/Red]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *