DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsOlahraga

Eksibisi KBI Papua Barat Sukses, Dispora Langsung Pimpin Pelepasan Atlet ke Pra PON Bogor

MANOKWARI, gardapapua.com —Pelaksanaan eksebisi kickboxing yang digelar di Hall Manokwari City Mall (MCM), pada Sabtu (7/10/2023), malam, sukses digelar dan disebut menjadi rode model wadah pembinaan atlet cabang olahraga (Cabor), khususnya di wilayah papua barat bertambah, serta patut diperhitungkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, (Dispora), Sammy Saiba, mengatakan, sangat menyambut baik kehadiran Cabang Olahraga KickBoxing Indonesia (KBI) di Papua Barat, yang diharapkan akan mampu memberikan kontribusi dan warna positif dalam kanca daerah, nasional bahkan internasional dengan para atlet asli anak – anak muda papua berbakat.

“Saya mengapresiasi kinerja Pengprov KBI Papua Barat, dibawah pimpinan Bung Kristofel yang telah mensukseskan penyelenggaraan eksebisi kickboxing di MCM Papua Barat pada Sabtu (7/10) malam, dengan menghadirkan para atlet – atlet terbaik, para pemuda papua yang sebelumnya telah menjalani pemusatan pelatihan,”Ucap Plt. Dispora Papua Barat, Sammy Saiba, saat diwawancarai gardapapua.com, Minggu (8/10/2023).

Olahraga yang mengandalkan kontak fisik dengan menggabungkan teknik tendangan dan pukulan sehingga membutuhkan fisik dan stamina yang kuat, dinilai oleh Sammy Saiba, sebagai cabang olahraga (cabor) dan lumbung prestasi yang sebisanya dapat mengharumkan nama Papua Barat, secara khusus dalam ajang Pra PON (Pekan Olahraga Nasional), di Bogor, Jawa Barat, dalam waktu dekat ini.

“Saya apresiasi gerak cepat pengurus KickBoxing Indonesia (KBI) di Papua Barat, yang telah membuktikan kehadirannya mulai aktif menjalankan programnya, sehingga saya nilai ini menambah satu lagi kasanah cabang olahraga (cabor) kita diprovinsi papua barat dengan beberapa cabor lainnya yang sudah lebih dulu ada,”Ucapnya

“Kehadiran olahraga KickBoxing sebagai olahraga keras di Papua Barat, yang mana saya lihat melibatkan pukulan tangan dan tendangan kaki, tentunya olahraga ini banyak diminati oleh para generasi muda. Sehingga saya lihat ini sebagai sesuatu yang baru, juga seyogiayanya mampu diramu dengan baik agar kiranya bisa menjaring bakat – bakat muda di Papua Barat, untuk dilatih menjadi atlet KickBoxing yang luar biasa, serta dalam kesiapan menuju Pra PON di bogor nanti,”Tambah Sammy Saiba.

Dengan melihat bahwa olahraga ini sangat cocok diminati oleh para pemuda – pemudi di wilayah papua barat, serta mengingat kondisi wilayah Provinsi Papua Barat yang sarat dengan angka kejahatan, maka diharapkan Cabor KickBoxing, bisa menjadi wadah atau sarana positif para pemuda – pemudi mengembangkan bakatnya.

“Oleh karena itu diharapkan kehadiran KickBoxing bisa menekan atau meminimalisir jumlah angka kejahatan maupun kenakalan remaja yang cukup besar di Wilayah Papua Barat. Kami harap, dengan wadah KickBoxing ini, anak – anak muda kita bisa menyalurkan minat bakatnya. Ketimbang mereka tawuran atau berkelahi dijalanan serta menganggu kamtibmas, seyogianya disini dengan wadah KickBoxing mereka bisa dilatih menjadi atlet dan dididik untuk bertarung dalam arena, dengan memahami aturan – aturan sebagaimana telah ditetapkan,”Harap Sammy Saiba.

“Jadi kalau mau bertarung, saran saya marilah bertarung dalam wadah yang sudah ada dan disiapkan. Bertarung di atas ring, sesuai aturan, agar tidak ada lagi sebuah pertarungan atau tawuran, yang kemudian berakibat fatal hingga harus berurusan dengan aparat penegak hukum,”Sambungnya menambahkan.

Kesempatan itu, tutur Sammy, bahwa dengan telah dilauncing atau dilepas secara para simbolis para atlet Pengprov Kickboxing Indonesia (KBI) Papua Barat untuk mengikuti ajang pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) di Bogor, sebisanya menjadi penyemangat dukungan Pemerintah Daerah kepada para pengurus dan atlet agar bisa bersinergi mendulang prestasi.

“Dengan telah dilauncing atau dilepasnya keempat para atlet kita melalui Dispora Papua Barat dan pengurus KBI Papua Barat, kita harapkan para atlet kita bisa semakin siap menghadapi Pra – Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bogor Jawa Barat. Kita targetkan para atlet yang dikirim mereka bisa lolos untuk mengikuti ajang PON nantinya. Target kita tidak muluk – muluk, karena hampir semua yang berangkat mewakili Papua Barat adalah anak – anak muda daerah asli di Provinsi Papua Barat,”Cetusnya

Sammy juga mengingatkan, agar kepada para cabor Pengprov lainnya bisa terus mendisiplinkan kepengurusan dan para atlet, agar bisa berkiprah dan menorehkan prestasi dengan baik, serta menjaga nama baik Provinsi Papua Barat.

“Harapan kita pemerintah provinsi tetap akan memberikan suport sebagaimama arahan Bapak Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, beliau menyampaikan sangat optimis dan memberikan dukungan penuh terhadap pembinaan olahraga di Papua Barat. Juga beliau berpesan, agar kepada seluruh pengurus Pengprov Cabor lainnya, agar tidak menggunakan sarana Cabor sebagai tempat atau ajang berwisata, tetapi lebih daripada itu adalah sebagai sarana mendulang prestasi sebanyak – banyaknya. Bersama jadikan Papua Barat, lumbung atlet dan prestasi,”Tukasnya.

Adapun 4 atlet Pengprov KBI Papua Barat yang akan mengikuti Pra PON yaitu, Ardiansyah Reihara, Daniel Sambite, Lasarus Bonggoibo dan George Hay. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *