DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsHUMANISPolitikUncategorized

Komisioner Bawaslu Manokwari Periode 2023 – 2028 Resmi Bertugas, Yustinus Yosep Maturan Terpilih Sebagai Ketua

MANOKWARI, gardapapua.com — Dua wajah baru berhasil menjabat sebagai komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manokwari untuk periode 2023-2028. Mereka adalah, Yustinus Yosep Maturan dan Samsudin Renuat.

Sebelumnya Bawaslu RI telah mengumumkan penetapan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum, Kabupaten / Kota terpilih masa jabatan 2023 – 2028, nomor : 2571.I/KP.01.00/K1/08/2023.), dan dimana untuk manokwari ditetapkan tiga nama.

Namun demikian, belakangan diketahui Romanus Higimur batal dilantik. Yang bersangkutan berdasarkan penelusuran data, diketahui pernah diputuskan oleh DKPP terkait pemberhentian tetap sebagai anggota KPU Kabupaten Fakfak tahun 2016.

Adapun Yustinus Yosep Maturan dan Samsudin Renuat, resmi dilantik bersamaan 1.912 anggota Bawaslu terpilih dari 514 kabupaten/kota oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dalam masa jabatan 2023-2028.

Prosesi pelantikan itu dilaksanakan bertempat di Hotel Pullman Jakarta, pada Sabtu (19/8/2023), kemarin. Pelantikan dipimpin oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja secara langsung dan daring berdasarkan Surat Keputusan nomor 2576.1-2613.1/HK.01.01/K1/08/2023.

Usai pelantikan, para komisioner bawaslu manokwari periode 2023 – 2028 diketahui telah langsung melaksanakan Rapat Pleno penetapan unsur Pimpinan Bawaslu Kabupaten Manokwari, bertempat di Swiss-Belin Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta.

Yustinus Yosep Maturan terpilih secara aklamasi sebagai ketua Bawaslu Manokwari dalam Pleno pemilihan ketua dan kordiv Bawaslu Manokwari, pada Minggu (20/8/2023), sekira pukul 17.30 wib. Demikian tertuang dalam Berita Acara rapat pleno nomor : 002/HK.01.01/K.PB-03/08/2023.

Dalam rapat pleno itu juga, dilaksanakan sejumlah agenda Pokok pembahasan antara lain tentang pembahasan pembagian Koordinator Divisi dan Wakil Koordinator Divisi serta Koordinator Wilayah pada Bawaslu Kabupaten Manokwari Tahun 2023 dan kebijakan – kebijakan strategis lainnya.

Dimana para komisioner telah ditetapkan dan menyetujui bersamamenetapkan Koodinator Divisi, Wakil Koordinator, dan Koordinator Wilayah.

Diketahui, Yustinus Yosep Maturan, selaku Ketua Bawaslu terpilih periode 2023 – 2028, Kabupaten Manokwari juga sebagai koordinator divisi SDM, Diklat dan Datin.

Sementara Samsudin Renuat, anggota komisioner Bawaslu Manokwari, juga sebagai koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S). Sementara pada kekosongan pada koordinator divisi, Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H), diisi oleh ketua dan anggota komisioner bawaslu terpilih sampai menunggu keputusan bawaslu ri perihal penetapan tambahan satu anggota komisioner bawaslu periode 2023 – 2028 Kabupaten Manokwari.

“Jadi Bawaslu RI masih melakukan Klarfikasi perihal dugaan permasalahan dari salah satu anggota komisioner yang batal dilantik. Namun demikian kami sudah pleno untuk penetapan ketua di jakarta, dan terpilih secara aklamasi saya terpilih untuk mengisi posisi ketua bawaslu kabupaten manokwari. Hal ini kami lakukan untuk menutupi kekosongan jabatan ketua dalam keadaan yang tidak lengkap,”Ujar Yosep Maturan singkat.

Selaku ketua terpilih, Yosep Maturan mantan Wartawan di media cetak Kasuari Pos (2017-2018) itu juga berkomitmen, pihaknya siap bekerja semaksimal mungkin sesuai tugas dan tupoksi Bawaslu tingkat kabupaten, dan akan meningkatkan koordinasi dengan semua pihak dalam mengawasi pemilu 2024 berjalan aman, nyaman, jurdil.

“Kami berkomiten akan bekerja dengan baik, dan sesuai dengan dasar aturan yang ada. Tetap menjaga integritas dan menjunjung profesionalitas kami sebagai komisioner bawaslu dalam melaksanakan tugas – tugas pencegahan, pengawasan dan penindakan dalam menjunjung tinggi tercapainya pemilu 2024 dibulan februari dan november yang nyaman, aman dan damai tentunya,”Ujar Jebolan AKINDO Yogyakarta itu. [Ian/Red]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *