DaerahGarda ManokwariHeadline newsPolitikSudut Pandang

Musda I PDK Kosgoro 1957 Manokwari, Diharapkan Jadi Ajang Perkuat Solidaritas dan Kemitraan Pemerintah Daerah

MANOKWARI, gardapapua.com — Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957, Kabupaten Manokwari menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I bertempat di Aula Villanova, Susweni, Manokwari, Papua Barat, pada sabtu (29/7/2023).

Berdasarkan Tema : ‘Merajut amanat Tridharma Kosgoro 1957 di Kabupaten Manokwari’, pelaksanaan Musda ini sekaligus untuk memperkuat konsolidasi internal Kosgoro semakin solid guna mewujudnyatakan program kerja Partai Golkar menuju Pemilu Serentak 2024.

Mengingat sebagai organisasi sayap, PDK Kosgoro1957 dalam perkembangannya adalah institusi yang dinilai bisa membawa partai untuk meraup suara sektoral dan segmentatif yang tidak terjamah organisasi utama.

Hadir dalam kesempatan itu, Plt. Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Papua Barat, Drs. Jan Pieter Pangaribuan, M.PA, Plt. Ketua Kosgoro Kabupaten Manokwari, Yulanda Y Manufandu, Ketua Golkar Kabupaten Manokwari Haryono M. May, dan mewakili Bupati Manokwari, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Manokwari, Drs. Jaka Mulyanta, para kader dan simpatisan PDK Kosgoro.

Plt. Ketua PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Manokwari, Yulanda Y Manufandu, dalam sambutannya mengatakan, sangat berterima kasih kerja keras panitia yang dikoordinir oleh Enrico May didampingi Supyanto Mamoba selaku sekretaris panitia, dan para kader serta simpatisan lainnya.

Dalam sambutannya, Yulanda juga mengharapkan, pelaksanaan Musda I PDK Kosgoro 1857 kabupaten Manokwari dapat menjadi tolak ukur pelaksanaan Musda Kosgoro ditingkat kabupaten lainnya di Papua Barat.

” Saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dimana saat itu pasca ditunjuk 5 juni 2023 lalu, dengan mandat itu langsung bergerak melaksanakan konsolidasi. Selain itu, dasar pelaksanaan Muada ini juga harapannya untuk sekiranya menjadi tolak ukur dan dasar nantinya pelaksanaan Musda ditingkat kabupaten lain dan persiapan menuju di tingkat provinsi. Agar kiranya sejumlah target dan pembahasan yang disepakati dalam setiap Musda ini bisa disampaikan dalam Musda,”Ucap Plt. Ketua PDK Kosgoro 1957 Kabupaten Manokwari, Yulanda Y Manufandu.

Dalam wawancaranya, Yulanda juga berharap kedepan Ketua terpilih dalam Musda ini dapat melakukan konsolidasi hingga ketingkat akar rumput dimasyarakat, dan hadir menyerap aspirasi lalu mengambil tindakan nyata sebagai wujud kehadiran dari Kosgoro serta mitra Pemerintah.

“Sebagaimana pesan dan harapannya agar Kosgoro kedepan bisa jadi mitra pemerintah dan bisa membantu pemerintah daerah,”Paparnya

Senada, Plt, Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Papua Barat, Drs. Jan Pieter Pangaribuan, M.PA, mengatakan diharapkan agar Kosgoro kabupaten Manokwari kedepannya dapat membentuk jaringan organisasi, agar program – program yang perlu didistribusikan para kader Kosgoro nantinya dapat hadir ditengah masyarakat.

“Saya apresiasi Musda ini dilaksanakan. Jadi pesan saya pelaksanaan Musda ini dapat berjalan dan diselesaikan dengan baik. Apalagi ada 9 tingkat distrik. Jadi kedepan kalau bisa di atur hingga tingkat kelurahan dan desa, maka pastinya kedepan sebagai organisasi sayap meski independen, segala aspirasi rakyat itu bisa dihimpun dengan baik,”Ujar Plt, Ketua PDK Kosgoro 1957 Provinsi Papua Barat, Drs. Jan Pieter Pangaribuan, M.PA.

“Jadi hasil Musda Manokwari hari ini biarlah menjadi tolak ukur untuk menggerakan pelaksanaan Musda Kosgoro ditingkat Kabupaten lainnya yakni seperti Teluk Wondama pada bulan Agustus ini, kemudian Kaimana, Fakfak, Teluk Bintuni, Pegaf dan Mansel yang harus juga dilaksanakan, agar dalam pelaksanaan Musda Kosgoro tingkat Provinsi Papua Barat nanti kawan – kawan yang sudah terpilih bisa langsung dilantik,”Tuturnya menambahkan.

Musyawarah daerah (musda) Kosgoro ini juga, harus menghasilkan program kerja yang dapat memperkuat sinergi dan pencapaian visi Manokwari.

” Mari kita bekerja sama membangun Manokwari. Apalagi kini dibawah kerja – kerja sosok pimpinan daerah Hermus Indou yang lagi giat – giatnya bekerja menata Manokwari. Seperti pembangunan Pasar Sanggeng Manokwari, Penataan Revitalisasi Lapangan Borarsi, dan beberapa lainnya. Jadi mari Kosgoro giat dan lancar bermitralah dengan Pemerintah. Sebab siapapun yang terpilih dan menjadi Bupati di Manokwari, adalah juga pembina atau dewan penasehat Kosgoro,”Sebutnya

Sembari menambahkan, melalui Musda ini kiranya dapat menghasilkan rumusan dan strategi organisasi yang tetap produktif dan berorientasi pada semangat doktrin perjuangan Tri Dharma, yaitu pengabdian, kerakyatan dan solidaritas.

“Kedepan agenda – agenda nasional bisa di kerjakan dengan baik, sehingga mari kita kompak dan bersinergi agar agenda nasional baik Pileg, Pemilu serentak kedepan bersama peemrintahnbisa dikerjakan bersama. Apalagi di manokwari ada 4 Daerah Pemilihan (Dapil). Sehingga ini target kedepan mari bekerja dengan baik. Jangan saling mencurigai, tetapi marilah bergandengan tangan mensukseskan agenda – agenda kemenangan Kosgoro dalam menggerakan mesin Partai Golkar juga nantinya,”Tukasnya

Dia juga mengingatkan, bahwa terkait isu – isu yang menyebar berkaitan adanya Musnalub Golkar, itu jangan dikembangkan. Sebab itu, bentuk kabar yang tidak benar, Kosgoro 1957 tetap taat asas dan satu komando Airlangga Hartarto.

“Marilah tetap konsentrasi dan jadikan itu sebagai tantangan, agar lebih solid lagi kedepan. Dan Mubes Kosgoro juga saat di Cirebon sudah menetapkan Musyawarah Mufakat sebagai agenda tertinggi. Sehingga melalui Musyawarah Daerah tingkat Manokwari ini, pesan saya marilah pengurus – pengurus yang terpilih atau ditetapkan, harus bisa merangkul semua kader dan simpatisan menjadi badan formatur yang sekiranya mampu menggerakan organisasi Kosgoro Manokwari dengan baik,”Imbaunya.

Sementara mewakili Bupati Manokwari, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Manokwari, Drs. Jaka Mulyanta dalam sambutannya mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan, PDK Kosgoro 1957 diharapkan berperan aktif dalam rangka ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Manokwari. Mengingat sebagai kota peradaban modern yang majemuk, Kabupaten Manokwari memiliki berbagai aneka ragam suku budaya.

” Mari menjaga kesatuan dan persatuan serta ketertiban masyarakat menjadi perhatian kita semua. Tentunya hal ini membutuhkan peran dan peran semua kita untuk menciptakan kondusifitas di daerah sesuai dengan nilai – nilai saling menghormati, menghargai dan mengingatkan untuk menghormati kearifan lokal,”Pesan Bupati, melalui Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Manokwari, Drs. Jaka Mulyanta.

Melalui Musda ini juga, kiranya menjadi sarana untuk menampung aspirasi masyarakat sebagai bentuk pengabdian pelayanan kepada masyarakat. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *