Aspirasi RakyatChannel YoutubeDaerahGarda ManokwariGarda NusantaraHeadline newsPolitikSudut Pandang

Mantan Sekda Aljabar Makatita Nyaleg DPRD Manokwari Dapil I, Ini Motivasinya !

MANOKWARI, gardapapua.com — Mantan Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Drs. Aljabar Makatita, M.Si, memutuskan masuk dunia politik dengan bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dia juga terpantau, telah turut serta dalam pengajuan pendaftaran sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR dari PKB, untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I Manokwari, di Kantor KPUD pada, Sabtu (13/5/2023), sore, bersama Ketua dan Pengurus, serta simpatisan PKB dalam kesempatan itu.

Bukan tanpa alasan, menurut mantan sekda itu, dirinya terjun melalui jalur perpolitikan karena masih ingin memiliki kesempatan dan waktu untuk kembali melayani masyarakat Manokwari, dengan mewakili aspirasi Masyarakat melalui wadah partai politik.

Sebagaimana diketahui, dalam kedudukannya sebagai pilar demokrasi, peran partai politik dalam sistem perpolitikan, anggota legislatif atau DPR memiliki tugas penting dan strategis dalam mengemban aspirasi masyarakat Indonesia. Hal ini secara jelas dinyatakan dalam Undang Undang Nomor 27 Tahun 2009 bahwa DPR mempunyai tugas dan wewenang menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

“Pertama, motivasi saya untuk kembali berkiprah dalam melayani Masyarakat adalah karena saya rasa saya memiliki bekal dan pengalaman di dunia pemerintahan sehingga kiranya nanti bisa dikolaborasikan dalam dunia politik. Saya sendiri maju dari PKB Dapil I Manokwari. Saya yakini, dan kalau TUHAN berkehendak, tidak ada yang tidak bisa,”Paparnya

Menurut Aljabar, bahwa kesejahteraan adalah kunci terpenting dalam mewujudkan kekokohan persatuan dan kebangkitan ekonomi masyarakat. Sehingga, melalui wadah atau sistem perpolitikan, dirinya ingin berada di kelompok menengah-bawah agar dapat memiliki kesempatan untuk membantu masyarakat sesuai tugas dan kewenangannnya sebagai anggota legislatif (DPR) jikalau terpilih nantinya, guna mendukung bagian produktif dalam membangun kebijakan publik yang berpihak kepada masyarakat, demi terwujudnya Masyarakat sejahtera, sehat dan sekaligus akuntabel.

“Kita berharap bahwa melalui jalur Legislatif DPRD inilah, saya bisa kembali membangun semangat bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera, sehat dan berbudaya. Kita ingin melihat dan menatap kedepan Manokwari yang lebih baik lagi,”Harapnya

Sembari menambahkan, kedepan dia ingin agar roda pemerintahan di Manokwari antara Eksekutif dan Legislatif dapat berjalan seirama dan lebih berinovatif membangun Manokwari yang lebih baik.

“Menuju Manokwari yang lebih baik, maka sudah tentu didukung dan memiliki sumber daya kedewanan atau perwakilan legislatif yang berkualitas, inovatif, dan paling utama harus bebas dari Korupsi,”Tukas Aljabar.

Sekedar diketahui, sosok Aljabar Makatita kala aktif sebagai ASN, berhasil memasuki masa purnatugas dengan sempurna yakni meraih pangkat tertinggi dalam ASN yaitu IV-E.

Saat dirinya masih sebagai Sekda Kabupaten Manokwari, Aljabar Makatita merupakan sosok dibalik Kabupaten Manokwari mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari BPK RI, pada tahun 2020 untuk pertama kalinya. Itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kab Manokwari Tahun 2019.

Hingga memasuki masa pensiun terhitung pertanggal 1 Oktober 2020 sebagai ASN, Aljabar Makatita diketahui telah mengabdi selama 36 tahun.

Aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan dan kerukunan, Aljabar Makatita, merupakan sosok yang bersama para pemuda Maluku di Manokwari tercatat pernah sukses melaksanakan rangkaian kegiatan bergengsi peringatan HUT ke-204 Pattimura di kota Manokwari, pada tahun 2021 lalu, yang mana menjadi ajang kebangkitan kembali semangat pattimura di Kota Injil Manokwari. [Ian/Red]

Penasaran ?? Simak Arsip Video Peringatan HUT Pattimura ke -204 di Bawah Ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *