DaerahGarda KaimanaHeadline news

Ini Rencana Strategis Pengembangan Wisata Kaimana Tahun 2023

KAIMANA, gardapapua.com — Pemda Kaimana melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus menyusun sejumlah program untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kota 1001 Senja Kaimana.

Terkait akan itu, beberapa program strategisnya adalah dengan menerapkan beberapa kampung sebagai kampung adat, rencana penerapan masterplant pengembangan Teluk Triton dan perencanaan pembanggunan kita Tua Pecinan di sepanjang jalan Trikora.

” Setelah ada keputusan Bupati terkait 6 kampung adat, kita akan lanjutkan dengan melakukan pertemuan dengan masyarakat pada Tahun ini (2023,red) tetap pada program yang lama, yakni kita akan tetapkan masterplant pengembangan pariwisata teluk Triton,”Kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaimana, Usman Fenetiruma.S.Sos, di ruang kerjanya belum lama ini.

Dengan terus menggenjot sejumlah program prioritas pengembangan kawasan pariwisata Kaimana, diharapkan pada Tahun 2025 Pariwisata Kaimana telah masuk dalam program pengembangan pariwisata Nasional.

” Kalau mengharapkan APBD kita, tidak cukup untuk kembangkan Potensi wisata yang ada di Kaimana, oleh karena itu kita sudah tetapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kaimana (Riparka) dan sudah diserahkan ke Bappenas, sehingga kami kejar dengan penetapan masterplant kawasan teluk Triton, kalau bisa pada APBD Perubahan di Tetapkan maka, kami harapkan 2025 itu Kaimana telah masuk dalam Program Nasional pengembangan pariwisata, maka secara otomatis anggarannya telah ada setiap Tahun di kementrian melalui APBN, oleh karenanya kami butuh dukungan doa dari kita semua, agar proses ini bisa berjalan dengan baik,”Harap Kepala Dinas Budpar, Usman Fenetiruma.

Untuk diketahui, program penataan pengembangan Pariwisata di Kaimana selain Wisata Teluk Triton dengan gugusan pulau pulau kecil, dn Hiu Pausnya, masih banyak lagi potensi wisata, seperti pulau venu (Pulau bertelur penyu, red), wisata pemandian KM.14 dan air terjun Weermura, damai Saficki, danau Yamor, Pantai Simora dan masih banyak lagi tempat- tempat indah lainya di kabupaten Kaimana. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *