DaerahGarda KaimanaGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsLingkungan dan HAM

Warga Temukan Bangkai Paus Terdampar di Pesisir Pantai, Begini Kondisinya

KAIMANA, gardapapua.com — Bangkai Paus Biru yang diprediksi berukuran 11 meter ditemukan terdampar di kawasan Pantai Simora, Kaimana, pada Jumat (22/7/2022).

Paus dengan nama latin Balaenoptera musculus ini pertama kali ditemukan oleh Pitce (49th) penjaga tempat wisata di kawasan tersebut sekitar pukul 05.30 Wit.

Mirisnya, kondisi Ikan Paus dengan jenis kelamin jantan ini, diperkirakan telah mati lebih dari 7 hari sebelum terdampar ke darat dan ditemukan olehnya selaku warga sekitar.

Berdasarkan kronologi singkatnya, Pitce mengatakan awalnya dia menduga bangkai Paus berukuran besar ini styrofoam.

Namun setelah didekati dan dirinya mencium bau busuk dari arah tersebut. Selanjutnya dia melaporkan penemuan ini ke majikannya untuk dilaporkan ke pihak terkait.

“Pagi tadi sekitar pukul 0.5.30 kaget ada yang terdampar di pantai. Awalnya saya pikir gabus (styrofoam), namun setelah didekati padahal Paus. Saya foto kemudian kirim ke pemilik tempat wisata untuk dilaporkan ke pihak terkait,”Ujar Pitce saat ditemui di lokasi temuan.

Pitce mengatakan, bahwa bangkai Paus ini diperkirakan terdampar di bibir pantai sekitar pukul 03.00 Wit dinihari, karena pada jam tersebut air dalam keadaan pasang.

Saat ini tim dari Dinas Perikanan Kaimana, Yayasan Konservasi Indonesia wilayah Kaimana, Sat Polairud Polres Kaimana, Satwas PSDKP Kaimana sementara melakukan upaya untuk mengevakuasi bangkai Paus berusia remaja terebut.

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti matinya mamalia ini. Lokasi bangkai Paus sudah diberi garis pembatas oleh Polisi, agar tidak terjadi kontak langsung oleh pengunjung. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *