Buka Kegiatan Raker Ikaljatim di Tanah Papua, Ini Pesan dan Harapan Paulus Waterpauw

MANOKWARI, gardapapua.com — Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw,M.Si, membuka Rapat Kerja Ikatan Alumni Jawa Timur (Ikaljatim) di tanah papua.

Kegiatan Raker Perdana ini, dilaksanakan bertempat di Ballroom, Hotel Aston Niu, Manokwari, Papua Barat, pada Jumat (15/7/2022).

Hadir pada kesempatan itu Ketua Umum Ikaljatim Yohanis Momot dan jajaran pengurus pusat, anggota korwil, serta unsur pimpinan kepala daerah, perwakilan Anggota DPR-RI, perwakilan Dirjen Kemenkes RI, Perwakilan Bappenas dan Forkopimda Papua Barat, serta tamu undangan lainnya.

Mengangkat tema : ‘Meningkatkan eksistensi alumni jawa timur yang berdimensi pada kemandirian, profesionalisme, dan kearifan lokal, guna mewujudkan tanah papua yang maju, berdaya saing dan sejahtera’, Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw berharap, agar momentum pelaksanaan Raker perdana Ikaljatim di tahun 2022 ini dapat turut merumuskan beberapa program kerja yang nantinya bisa menjadi masukan kepada Pemerintah di daerah dalam rangka mendukung peningkatan pembangunan diseluruh pelosok di tanah papua, dimulai dengan merumuskan hal – hal mendasar perihal kebutuhan pembangunan yang berdampak langsung kepada Masyarakat.

“Usulan itu yang rill – rill saja. Agar setiap program usulan dari buah – buah pikiran atau masukan yang ada, kita jadikan sebagai acuan dalam rangka mendukung perkembangan pembangunan didaerah kedepan,”Ucap Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. Paulus Waterpauw, M.Si

Dirinya berpesan, bahwa pelayanan dasar sangatlah penting dilaksanakan pemerintah sebagai perpanjang tangan negara terhadap kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan, serta pembangunan infrastruktur dasar lainnya.

“Saya harap dalam Raker ini sebisanya membahas dulu hal – hal yang mendasar. Sebab, pelayanan dasar itu sangatlah penting. Karena kalau kita hanya sebatas membuat perencanaan dan program tanpa menyentuh rakyat itu sama saja,”Sebut Waterpauw yang juga sebagai Dewan Pembina Ikaljatim se-tanah papua.

“Makanya dalam beberapa kali arahan saya sudah katakan, bahwa rakyat itu akan mengakui kehadiran negara jikalau implemetasi program berjalan dengan benar dan sampai kepada Masyarakat secara merata adil dan baik,”Cetusnya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Raker Ikaljatim, Mozes Rudy Timisella mengatakan, bahwa dasar pelaksanaan Raker Ikaljatim di tanah papua itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor : 01/SK-PP/YAS/VII/2022, tentang pengangkatan dan penetapan panitia Raker Ikatan Alumni Jawa Timur ditanah papua.

Rudy dalam laporannya membeberkan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini selain sebagai ajang konsolidasi untuk menyatukan visi dan misi organisasi bagi setiap anggota Ikatan Alumni Jawa Timur di tanah papua.

Sehingga diharapkan Ikatan Alumni Ikaljatim dapat menjadi wadah untuk memperkuat silaturahmi antar alumni lintas angkatan.

“Jadi ini dalam rangka mempererat tali persaudaraan antar anggota serta memperkuat eksistensi keluarga besar Ikaljatim dalam pengabdiannya di tanah papua,”Ujar Ketua Panitia, Rudy Timisella

Sebelumnya, Rudy menyebutkan, bahwa dalam rangka menyongsong pelaksanaan raker, pihaknya telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan bakti sosial yang dengan harapan semakin memperkuat tali persaudaraan di tanah papua.

“Kami sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan bakti sosial membagikan hewan kurban sapi pada momen hari raya idul adha 1443H, kepada dua kerukunan keluarga di Papua Barat, yakni KKSS dan Ikaswara Papua Barat,”Sebutnya

“Juga kegiatan pengecatan rumah di wilayah pesisir Rodi, Manokwari. Kemudian pada tanggal 24 Juli mendatang Ikaljatim akan melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon manggrove bersama beberapa LSM dan Ormas di Papua Barat dalam rangka memperingati hari manggrove internasional atau dunia,”Sambungnya menambahkan.

Melalui kegiatan Raker Alumni ini juga, diharapkan mampu berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Tanah Papua, pada wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, semakin maju dan berkembang lebih baik. [FR/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *